Bank BTN menyasar khusus temen-temen dari kalangan TNI-Polri dengan bunga KPR ringan 7 persen selama lima tahun. Alasan dari Bank BTN adalah karena besarnya anggota selain ingin memberikan kemudahan serta apresiasi khusus buat kalangan prajurit dan aparat keamanan ini.

Kalangan perbankan terus menggali dan menyasar temen-temen dari kalangan yang punya pendapatan tetap buat disalurkan kredit pembiayaan. Misalnya Bank BTN yang menyasar temen-temen dari kalangan TNI-Polri buat dikasih KPR khusus bertajuk BTN KPR Patriot, biar bisa terus memperbesar penyaluran kredit pembiayaan perumahan.

Menurut Suryanti Agustinar, Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN, kalangan TNI-Polri memiliki anggota aktif yang sangat besar dan tiap tahun juga merekrut anggota baru yang otomatis jumlahnya juga semakin besar. Di sisi lain ternyata dari kalangan ini masih banyak yang belum punya rumah pribadi.

“Selama ini TNI-Polri kalau bertugas selalu diberikan rumah dinas sehingga kurang memerhatikan rumah pribadi dan baru jadi masalah saat purna tugas atau masuk masa pensiun. Dari hasil perbincangan kami dengan kepala angkatan, mereka sangat menyambut untuk program pembiayaan khusus ini sehingga bisa mengakses perumahan dengan lebih mudah,” ungkapnya.

Program KPR Patriot ini memberikan bunga khusus sebesar 7 persen dengan jangka waktu yang lumanyan panjang, sampai 5 tahun. Nantinya kalau sudah 5 tahun fixed bunga khusus ini ga langsung berubah jadi bunga pasar floating tapi bertahap, dikit-dikit biar sampai 10 tahun bunganya dipastikan tetap akan single digit, iya kaya kamu single wkwkwk.

KPR Patriot ini juga ga cuman bunga khusus lho, tapo juga ada kemudahan lainnya. Antara lain seperti tenor panjang sampai 30 tahun hingga pembebasan berbagai biaya maupun kemudahan lainnya. Contohnya biaya proses KPR dan provisi yang cuma 0,25 persen, biaya admin Rp500 ribu dan gratis biaya asuransi jiwa dan kebakaran.

DP nya pun juga ringan hanya satu persen. Biar bisa dapat program KPR Patriot ini syaratnya adalah anggota TNI-Polri telah bertugas minimal selama setahun dan payroll-nya di Bank BTN. Program KPR Patriot ini pun juga dikhususkan buat anggota TNI-Polri yang non MBR atau rumah yang bisa diakses khusus untuk segmen komersial.

Bank BTN sendiri juga tak membatasi harga jual rumah selama nilai taksasi dan repayment capacity sampai 70 persen. Jika harga rumahnya Rp350 juta, maka dpnya cukup Rp3,5 juta dan cicilannya buat lima tahun pertama sebesar Rp2,47 juta/bulan. Apabila bunga naik jadi 10 persen maka cicilannya menjadi Rp3 juta/bulan.

“Ini juga sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kami untuk kalangan TNI-Polri yang selama ini telah bertugas untuk negeri ini. Untuk anggota TNI-Polri yang sudah memiliki rumah bisa mengambil program top up dengan bunga 9,7 persen fixed tiga tahun. Targetnya kami bisa meraih kredit bari dari program KPR Patriot mencapai Rp500 miliar hingga akhir tahun 2020 ini,” beber Suryanti.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *