Masih Cicil KPR? Pelajari Caranya Agar Kamu Gak Boncos

Ini buat kamu yang sedang punya angsuran KPR atau yang baru akan beli rumah dengan skema KPR. Baik KPR Bank, KPR Bank Syariah atau KPR yang langsung cicil ke penjualnya. Kamu musti pikirkan agar cicilanmu itu tidak terlalu membebanimu setiap bulan. Apalagi apa-apa sekarang naik terus bukan. Inflasi di sana sini.

Apalagi KPR itu kan kontrak jangka panjang bahwa kamu akan membayar kepada bank atau penjual. 15 tahun itu lama banget lho! Kamu bayangin aja kamu sewaktu TK sampai dengan SMA. Nah, ini ada beberapa tips buat kamu yang bisa membantu meringankan cicilan KPR kamu, syukur-syukur malah kamu gak perlu lagi mikir angsuran KPR karena udah ada yang bayarin. Nah lho!

Atur Pos-Pos Pengeluaran

Kalo kamu sudah kontrak dengan KPR, saatnya kamu kembali menelaah dan meneliti kembali pos-pos pengeluaranmu. Kelompokkan dalam skala prioritas besar, sedang dan kecil.

Besar berarti wajib kamu penuhi dan tempatkan cicilan KPR sebagai skala prioritas besar. Kelompok ini rada sulit dinego alias harus dipenuhi. Sedangkan prioritas kecil, seperti hura-hura dll dapat kita hilangkan sehingga kita bisa menghemat. SEdangkan kelompok sedang, perlu dipilah lagi mana yang bisa dihemat, dihilangkan atau tetap.

Dengan mengatur pos-pos pengeluaran, kamu bisa sedikit lega dan mungkin bisa berhemat sehingga prioritas cicilan KPR mu lebih terjaga.

Buka Bisnis Tambahan

Jujur saja, mengelola pengeluaran itu lebih sulit daripada memperbesar pendapatan. Kenapa, biaya itu makin hari makin meningkat. Selalu ada inflasi bukan? Sehingga kita itu aselinya repot kalo diminta untuk berhemat. Hayo ngaku! Mending memperbesar pendapatan.

Untuk memperbesar pendapatan, kamu bisa menambah bisnis baru yang modal sedikit atau tanpa modal, waktu lebih longgar, namun bisa menghasilkan banyak uang. Tak harus bisnis dalam skala besar, bisa juga kamu menjadi freelance di situs-situs pencari freelancer. Kamu juga bisa berjualan di marketplace. Menjadi konsultan misalnya. Intinya bisnis sampingan yang tidak begitu menyita waktumu apalagi jika kamu masih bekerja di kantor atau perusahaan orang lain. Kamu musti atur waktu untuk itu.

Berinvestasilah

Investasi?? Iya investasi! Emangnya kenapa? Takut gak ada uang lagi? Nah justru itu, sebenarnya banyak investasi yang tidak membutuhkan uang yang besar. Misalnya saja, beli emas 1 gr. Gak sampai 1 juta. Tapi ada potensi naik setiap tahun paling tidak 10-20% bukan?

Coba kamu googling dengan kata kunci crowdfunding Indonesia. Kamu bisa temuka situs-situs crowdfunding dengan berbagai macam instrumen mulai 100 ribu saja. Dengan 100 ribu, dana kamu bisa berkembang 5-20% per tahun tergantung platform crowdfunding yang menyediakan. Kalau kamu punya waktu luang lebih, coba berinvstasi di pasar saham. Mendapat 10% setiap bulan itu bisa!

Semua ada resikonya. Kamu gak ngapa-ngapain aja juga beresiko. Kamu mencoba beberapa strategi di atas juga beresiko. Tapi yakinlah bahwa usahamu tak akan sia-sia!

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.