Wisma Atlet Kemayoran yang sebelumnya sudah digunakan para atlet dan official peserta Asian Games 2018 bakal segera ditempati oleh aparatur sipil negara (ASN) atau PNS. Para PNS akan menempati wisma berbentuk rumah susun tersebut dengan status sewa.

Meski belum jelas kapan para PNS akan menempati rusun tersebut, namun sejumlah fasilitas pendukung yang mumpuni telah menanti di kawasan seluas 10 hektar itu. Lokasinya yang berada di pusat kota juga tentu menjadi keunggulan tersendiri bagi PNS yang berhasil menempatinya nanti.

Wisma Atlet Kemayoran rampung dibangun pada awal 2018. Pembangunannya memakan waktu dua tahun, sejak peletakan batu pertama pada Maret 2016 hingga selesai 100% pada Februari 2018.

Dana yang dihabiskan mencapai Rp 3,79 triliun berasal dari kas Kementerian PUPR.
Pembangunannya dilaksanakan oleh beberapa kontraktor BUMN yakni, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Abipraya-Indulexco (KSO), PT Adhi Karya (Persero) Tbk-Jaya Konstruksi-Penta (KSO), dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-Cakra (KSO).

Wisma Atlet yang dibangun di atas tanah seluas 10 ha itu terdiri dari 10 tower. Tiga tower di Blok C2 dengan kapasitas 1.932 unit dan tujuh menara lainnya berada di Blok D10 dengan kapasitas 5.494 unit. Dengan demikian, total unit rusun yang dimiliki oleh Wisma Atlet sebanyak 7.426 unit.

Unit rusun Wisma Atlet adalah tipe 36 yang dilengkapi dengan ruang tamu dan dapur. Selain itu, tersedia fasilitas tempat tidur, meja, kursi, gorden, pendingin udara, serta pemanas air.

Untuk ukuran tempat tidur standar adalah 1,9 m, namun juga tersedia tempat tidur berukuran 2,2 m. Berbagai fasilitas pendukung tersebut telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh International Olympic Committee (IOC).

Ada pula area parkir mobil dan bus yang berada di Blok C3 dan B8. Luas area parkir di Blok C3 yang mencapai 29.760 m2 mampu menampung 190 bus, 186 mobil dan 33 minibus. Di blok B8 luasannya lebih kecil, yakni 5.838 m2bdengan kapasitas tampung 112 mobil dan 29 bus.

(Sumber: detikFinance)


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *