Bagi para fresh graduate dan baru bekerja yang gajinya Rp 8 juta per bulan, sebaiknya mulai memikirkan untuk beli rumah. Anda bisa mencari cara dengan memanfaatkan fasilitas KPR yang disediakan oleh bank-bank konvensional maupun syariah.

Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com memberikan arahannya, untuk konsumen yang ingin beli rumah, saat inilah kondisi paling mudah untuk membelinya. Pasalnya ada banyak kebijakan yang memudahkan dari pemerintah untuk mengusahakan kepemilikan rumah dan lebih fleksibel.

Jika selama ini yang menjadi kendala utama untuk beli rumah adalah masalah uang muka, maka adanya aturan loan to value (LTV) ratio memberikan kemudahan. Terlebih suku bunga yang menjadi acuannya saat ini telah diturunkan oleh BI, sehingga kendala-kendala tersebut bisa teratasi.

Saat anda sudah mulai bekerja maka sebaiknya mulai memikirkan untuk beli rumah. Karena saat masih lajang inilah dan belum memiliki anak, maka beban finansial belum terlalu besar, demikian seperti yang diungkapkan Ike Hamdan. “Berbeda halnya ketika sudah menikah apalagi punya anak, kebutuhan finansial akan semakin besar.

Jika ditambah dengan biaya cicilan rumah, beban finansial itu akan semakin besar. Sehingga kebutuhan membeli rumah akhirnya dikorbankan dan mengandalkan tinggal bersama di rumah orang tua,” jelas Ike dikutip dari keterangan tertulis. Kondisi tersebut tentunya selaras dengan hasil survey yang dilakukan bahwa generasi mudah memiliki minat paling besar untuk membeli properti. Ada 71% responden di usia 21-29 yang kemungkinannya mereka adalah fresh graduate dan mulai bekerja. Sementara responden untuk kelompok umur 30-39 tahun menempati posisi kedua dengan persentase sebesar 60%.

Survei berkala ini dilaksanakan oleh Rumah.com sebagai pemimpin pasar properti portal di Indonesia untuk mengikuti secara langsung perkembangan yang terjadi di pasar. Survei ini diikuti oleh 1000 responden dari kota-kota di seluruh Indonesia dimana sebanyak 69 persen responden berasal dari rentang usia milenial atau 22 hingga 39 tahun yang terdiri dari 34 persen milenial muda kelahiran 1990-1997, sedangkan 35 persen adalah milenial tua atau kelahiran 1982-1989.(Sumber : Liputan6)


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *