Di Dalam Hati Yang Sehat Terdapat Kinerja Yang Hebat

YBPERS di seluruh nusantara, Mood atau kira-kiranya semacam suasana hati itu penting. Ketika suasana hati positif, maka secara psikologis boleh dibilang kita berada dalam state emosi yang kastanya paling tinggi. Karena modal bekerja bukan cuma fisik, tapi juga mental. Maka ketika kita dalam derajat mental paling bugar, apapun yang kita kerjakan hasilnya tentu juga akan lebih optimal.

Maka tipsnya adalah selalu awali hari dengan aktivitas yang bisa menghadirkan “good mood”. Dalam bahasa jawanya, aktivitas sejenis ini biasa dipanggil “mood booster”.

Apa saja itu?

Apapun yang positif. Kalau inputnya positif, tentu outcomenya juga mengikuti.

Memulai hari dengan berdoa saat bangun tidur misalnya. Untuk muslim, agama sudah mengatur ada kewajiban shalat subuh.

Lanjutkan dengan olah tubuh meski sekadar jalan kaki. Bisa juga digabungkan atau dalam bentuk melakukan kegiatan pemeliharaan ringan yang melibatkan aktivitas fisik seperti membersihkan dan merapikan rumah.

Sesudah itu, agar mood terjaga dan penggunaan waktu lebih efektif, buatlah daftar atau rencana aktivitas selama seharian.

Prinsipnya, waktu itu lebih berharga dari uang. Orang bermental kaya akan rela menukar uangnya dengan waktu. Maka, menyiakan waktu juga akan membuat mood berubah negatif.

Apakah kita bisa selamanya menjaga mood tetap positif? Boleh jadi tidak. Namanya juga manusia.

Sesekali galau wajar saja. Mungkin malah merupakan alarm atau pengingat bahwa “ada sesuatu yang kurang beres” sehingga harus kita perhatikan, waspadai, atau perbaiki.

Lagipula, kalau tak pernah galau.. bagaimana mungkin menyadari nikmatnya nyaman? Setuju?

Sing penting, jangan sebaliknya. Memulai hari dengan negatif sehingga merusak mood. Misalnya saja bangun kesiangan atau maksiat di pagi hari. Hehe. Emang ada ya?

Nah, dalam berbagai buku dan tulisan, tips sejenis di atas disebut sebagai beberapa di antara kebiasaan positif orang-orang sukses.

Sukses seumur hidup dimulai dari sukses sehari. Kumpulan dari kesuksesan-kesuksesan kecil setiap hari. Sementara sukses sehari adalah akumulasi dari sukses dari menit ke menit yang kuncinya menit-menit awal memulai hari itu sendiri.

Di dalam hati yang sehat, terdapat kinerja yang hebat.

==========

Bagaimana kebiasaan YBPERS sendiri untuk mengawali hari dengan positif?

Penulis
Zidni Ilman
Presiden YukBisnisProperti Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *