Atap Rumah Bebas Bocor dengan 6 Cara Berikut

Atap bocor kerap menjadi permasalahan yang tak kunjung selesai bagi sebagian orang ketika musim penghujan, apalagi kondisi cuaca di tahun ini berbeda dari beberapa tahun sebelumnya. Penyebab kebocoran atap pun bermacam-macam. Misalnya, atap bocor tidak melulu karena ada lubang. Bisa juga karena pemasangan genting yang kurang baik, kemiringan atap yang kurang curam, celah di bubungan atap permasalahan talang air atau sampah di atap. Jangan biarkan masalah ini membuat Anda stres. Solusinya, bangun atap rumah yang baik. Berikut caranya.

Manfaatkan Pelapis Atap

Manfaatkan pelapis atap berupa plastik atau alumunium foil di bagian bawah genting. Hal ini dapat membantu air yang masuk ke celah atap mengalir ke arah talang. Biasanya hal ini dilakukan setelah adanya genting yang rusak.

Perhatikan Kemiringan atap

Kemiringan atap antara 25 derajat- 40 derajat, jangan terlalu landai,. Kemiringan atap yang sesuai akan menangkal air hujan yang tertiup angin kencang, sehingga meminimalisasi bocor dan dinding rembes.

Kemiringan diatas 40 derajat beresiko membuat genting merosot. Genting harus dipaku atau gunakan jenis atap sirap yang tidak mudah jatuh jika desain atap mengharuskan dibuat curam lebih dari 40 derajat.

Perhatikan Bubungan Atap

Bubungan atap jangan dibuat terlalu tinggi sebab akan mudah terjadi keretakan. Anda wajib rutin mengecek bagian ini terutama saat musim hujan.

Keretakan kecil saja semisal 1cm dapat menjadi sumber kebocoran atap. Jika ada keretakan segera perbaiki dan tambal dengan bahan pelapis kedap air, bahan yang terbaik adalah yang terdiri dari 2 komponen yaitu berbasis acrylic dan berbasis semen, aditif, dan filler. Bahan ini sangat cocok untuk digunakan pada permukaan yang sering terpendam air. Jika retak besar, segera ganti dengan yang baru.

Cek Rutin Rangka Atap

Lakukan pengecekan berkala pada bagian plafon. Pastikan rangka atap dalam kondisi baik. Jika ditemukan kayu yang sudah mulai lapuk sebaiknya ganti dengan kayu baru.

Kayu yang lapuk berpotensi mengakibatkan genteng jatuh dan bocor. Rusaknya rangka atap juga membahayakan keselamatan penghuni rumah, apalagi jika diguyur hujan terus menerus.

Lapisi Atap Dak beton

Pastikan seluruh permukaan dak beton dilapisi dengan water block. Perhatikan juga derajat kemiringan, pastikan kemiringan mengarah ke talang air yang ada.

Talang Atap

Pilih ukuran dan bentuk talang yang sesuai dengan debit dan jumlah air. Minimalisasi adanya sambungan pada talang yang bisa meningkatkan potensi kerusakan dan kebocoran.

Gunakan jasa tukang talang yang berpengalaman. Bersihkan talang secara rutin agar tidak ada sampah menumpuk yang dapat menghambat saluran air.

Sumber: http://www.rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *