Baca Ini Dulu Sebelum Beli Rumah Second

Rumah second atau rumah bekas juga memiliki banyak peminat. Lokasi menjadi pertimbangan utama baik karena dekat pusat kota atau komersil dan kelengkapan fasilitas yang ada di sekelilingnya. Selain itu faktor kesiapan langsung huni.

Seorang pembeli rumah second perlu memperhatikan kondisi bangunan termasuk usia bangunan selain cek harga, status kepemilikan dan dokumennya. Untuk lebih lengkapnya, berikut plus minusnya membeli rumah second agar Anda mengetahui dan tidak salah dalam memilih rumah second untuk Anda.

Nilai Plus

Bangunan sudah ada sehingga Anda dapat melihat dengan nyata bentuk dan kualitas bangunan.

Biasanya lingkungan sosial sudah terbentuk dan fasilitas sudah siap serta infrastruktur sudah tersedia.

Pemilik baru langsung dapat menempati.

Resike investasi lebih kecil dibandingkan membeli rumah siap bangun karena fasilitas dan lingkungan penunjang lebih mapan.

Lebih mudah beradaptasi karena fasilitas sudah tersedia.

Nilai Minus

Tidak banyak pilihan karena terbatas pada apa yang ditawarkan. Berbeda dengan rumah primer yang ada di perumahan yang menyediakan berbagai tipe, lokasi dan harga.

Pemilik baru tak tahu tentang bahan dan kualitas bangunan karena tidak melihat proses pembangunan dari awal.

Desain rumahnya bisa ketinggalan jaman.

Bentuk bangunan yang sudah ada, tidak serta merta mudah untuk dilakukan renovasi

Usia bangunan yang lebih dari 20 tahun akan memiliki kualitas bangunan yang menurun sehingga disarankan untuk renovasi total.

Demikian nilai plus dan minus bila kita membeli rumah second. Ini menjadi PR Anda sebelum membeli rumah second. Tapi agen properti profesional dapat membantu Anda dalam “mengerjakan” PR ini.

Anda dapat menyampaikan harapan Anda terhadap rumah second yang ingin Anda miliki kepada agen properti profesional. Dengan demikian, Anda sebagai calon pembeli tidak lagi banyak mempertimbangkan nilai plus dan minus dari rumah second yang ditawarkan karena agen properti akan memilihkan rumah second yang sesuai untuk Anda. Lebih mudah kan?!

Sesuai motto Regina Realty, we do your home work! Kunjungi ReginaRealty.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *