Bagaimana Rumah Minimalis Itu?

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah pernah mendengar tentang rumah minimalis. Ya, desain rumah minimalis kini memang banyak digandrungi oleh masyarakat. Namun sebenarnya rumah minimalis itu seperti apa? Apakah rumah yang dibangun di lahan sempit? Hmm… Untuk lebih jelasnya marilah kita bahas bagaimana rumah minimalis itu.

Seringkali kita melihat bangunan rumah dengan tanah yang luas. Itulah konsep minimalis. Jadi bukan berarti lahan sempit saja yang bisa dibuat untuk desain rumah minimalis. Yang dimaksud minimalis disini adalah konsep rumahnya, jadi walaupun di bangun di atas tanah yang luas tetap saja rumah tersebut memiliki desain minimalis. Tujuan dari desain minimalis memang untuk memberi kesan sederhana pada rumah.

Rumah dengan gaya minimalis mulai muncul karena hadirnya rumah bergaya modern dengan pengembangan yang lebih simple terutama pada bagian interiornya. Hal tersebut seolah juga untuk mereflesikkan gaya hidup masa kini yang cenderung praktis dan cepat. Rumah bergaya minimalis saat ini juga sudah banyak diterapkan pada rumah-rumah modern tidak hanya di kota-kota besar namun juga di daerah pedesaan yang notabene lahannya masih cukup luas. Rumah minimalis sudah menjadi desain hunian favorite karena lebih mengutamakan kesederhanaan serta ketepatan fungsi entah pada interior maupun eksteriornya.

Adapun ciri-ciri fisik bangunan rumah minimalis adalah sebagai berikut:

  • Adanya konstruksi garis lurus dengan bidang datar.

  • Setiap ada pertemuan bidang, maka akan terlihat serba siku tegak lurus.

  • Konstruksi untuk volumenya berbentuk metrik.

  • Terdapat perulangan modul.

  • Sirkulasi udara dan cahaya ringkas.

  • Bentuk ruang yang multifungsi dan berurut.

  • Serta sistem strukturnya yang jelas dan rapi.

Jadi, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa rumah minimalis yang baik adalah memiliki rancangan interior dan eksterior seminimal mungkin seperti minimnya perabot atau furniture, dinding yang bersih, serta akses dekorasi dinding di sekitar ruangan.

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki rumah bergaya minimalis juga? Segera konsultasikan dengan arsitek kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *