Pentingnya Melakukan Pengukuran Lahan Perumahan

Sebelum melakukan proses pembangunan proyek perumahan, pastilah developer dan timnya harus membuat site plan terlebih dahulu guna menentukan tata letak kavling rumah serta infrastrukturnya. Setelah membuat site plan, maka developer perlu melakukan pengukuran lahan dengan teknik geodesi. Developer bisa menggunakan jasa pengukuran lahan perumahan yang akan melakukan pengukuran dan pemetaan permukaan bumi. Teknik geodesi yang digunakan dalam perumahan biasanya:

  1. Untuk melakukan pengukuran guna pembuatan peta dasar.

  2. Untuk membuat dasar atau situasi umumnya dilakukan pengukuran poligon, detail situasi dan kontur.

  3. Untuk membuat site plan di dalam merencanakan pembuatan tata letak kavling rumah, jalan serta drainase.

Setelah adanya peta dasar yang dibuat dari pengukuran dengan teknik geodesi tersebut, maka akan memudahkan pihak developer atau pengelola lahan untuk merencanakan bentuk dan tata letak rumah secara efisien dan efektif. Karena perencenaan bentuk dan tata letak rumah akan berkaitan dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang akan dikeluarkan selama proses pembangunan proyek. Penting juga bagi perencana proyek untuk menghitung biaya yang diperlukan untuk menghemat anggaran tanpa mengesampingkan kenyamanan di dalam perumahan itu nantinya.

Selain untuk menentukan tata letak rumah, peta dasar juga bisa menentukan jalan serta drainase yang akan dipasang pada lahan perumahan. Perencanaan site plan yang baik akan bisa memaksimalkan lahan secara lebih efektif dan efisien, sehingga untuk menghindari pemborosan dana akibat perencanaan yang kurang tepat. Untuk itu, sekali lagi ditekankan bahwa melakukan pengukuran lahan untuk perumahan sebelum proses pembangunan proyek berjalan sangatlah penting.

Pemetaan lahan perumahaan juga akan bisa membuat kita mengetahui kontur dan kondisi tanah sehingga apabila ada bagian lahan yang kurang cocok digunakan untuk perumahan, developer bisa segera menemukan solusinya. Setelah peta dasar terbentuk dan diberikan kepada pihak perencana proyek, perencana akan membuat site plan yang baik dan efisien. Peta site plan selanjutnya akan diaplikasikan ke lapangan dengan cara dilakukan pengukuran lahan tersebut.

Itulah pentingnya melakukan pengukuran lahan perumahan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *