Ingin Jadi Developer Namun Hanya Punya Modal Sedikit? Bisa Kok…

Mustahil kedengarannya apabila Anda ingin menjadi seorang developer properti (khususnya developer perumahan) namun tidak punya banyak modal. Memang, untuk menjadi developer diperlukan modal yang besar. Namun bagi Anda yang tidak memenuhi kriteria, Anda tidak tidak usah berkecil hati. Karena menjadi developer pun sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal. Akan tetapi perlu dipahami, tanpa modal disini bukan Anda tidak mengeluarkan modal sama sekali, hanya saja Anda bisa memulainya tanpa menggunakan uang Anda sendiri. Lalu, bagaimana caranya?

Seperti yang kita ketahui, langkah awal untuk menjadi developer adalah terlebih dahulu Anda harus mengakusisi lahan untuk dijadikan proyek. Biaya untuk akusisi lahan memiliki porsi yang paling besar atau sekitar 30% (dari keseluruhan RAB) dibandingkan biaya-biaya lain dalam pembangunan proyek. Bisa dibayangkan bila Anda membeli lahan secara tunai, berapa banyaknya modal yang harus dikeluarkan? Untungnya, properti memiliki sifat yang memungkinkan kita untuk membeli tanpa uang. Caranya bisa bermacam-macam, salah satunya adalah dengan cara bayar bertahap.

Membeli Lahan Tanpa Uang dengan Cara Bayar Bertahap

Misalnya Anda membeli sebuah lahan pada pemilik tanah. Kemudian Anda melakukan negoisasi kepada pemilik tanah tersebut untuk tidak membayar uang muka di awal. Namun Anda harus menyanggupi untuk membayar lebih mahal dari harga yang ditawarkan dan pembayarannya dimundurkan serta bisa dilakukan secara bertahap. Apabila pemilik tanah setuju dengan perjanjian, maka Anda bisa langsung mengurus perijinan dan legalitas lahan yang tentunya memerlukan biaya. Jika Anda memang tidak punya uang sama sekali, Anda bisa meminjam kepada keluarga, saudara, teman, atau bahkan mencari investor untuk mendanai perijinan dan legalitas. Kemudian saat semua proses perijinan telah selesai, Anda bisa langsung memasarkan proyek sehingga kurang dari waktu yang telah dijanjikan Anda bisa menjualnya dan uangnya bisa Anda gunakan untuk membayar tanah.

Itulah salah satu cara agar Anda bisa menjadi developer dengan modal yang sedikit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *