Pentingnya Aspek Marketing dalam Kesuksesan Bisnis Properti

Marketing merupakan ujung tombak dalam sebuah bisnis, tidak terkecuali dalam bisnis properti, baik dalam penjualan primary product maupun secondary product. Karena semakin kita melakukan marketing/pemasaran produk, maka akan semakin besar pula peluang produk kita dikenal masyarakat sehingga produk banyak terjual. Kegiatan pemasaran dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu melalui media online, media cetak, dan media offline. Anda bisa memilih salah satu ataupun ketiga-tiganya dalam melakukan pemasaran properti. Tentunya, semakin banyak media yang digunakan maka akan semakin besar biaya yang dikeluarkan.

Pemasaran melalui media online bisa dilakukan dengan membuat website khusus maupun blog gratisan seperti blogspot dan wordpress. Anda bisa memanfaatkan blog untuk memasarkan produk properti. Akan lebih baik jika konten dalam blog Anda sangat bagus, pasti bisa menarik minat pengunjung yang berpotensi menjadi calon pembeli. Cara membuat blog pun sangat mudah. Anda bisa langsung mengunjungi situs blogspot.com atau wordpress.com, lalu Anda akan dipandu untuk membuat blog hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Interface masing-masing platform juga sangat user friendly. Namun jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup, Anda bisa membuat blog dengan Top Level Domain. Bagi perusahaan properti yang ingin memiliki branding, memiliki blog akan memberikan kesan yang positif dari konsumen. Konsumen akan dengan bebas mengeksplorasi blog perusahaan serta mereka bisa melihat proyek-proyek yang sedang dikerjakan. Selain itu, pemasaran melalui media online juga bisa dilakukan dengan memposting iklan di portal khusus iklan. Kini sudah banyak web-web di internet yang menyediakan jasa jual beli, ada yang gratis dan ada juga yang harus membayar.

Pemasaran melalui media cetak, bisa dilakukan dengan memasang iklan di koran dan majalah. Beriklan di media cetak mempunyai segmentasi pasar yang berbeda. Namun yang perlu diingat, beriklanlah di koran atau majalah yang sekiranya pembacanya tertarik dengan properti. Jadi iklan Anda benar-benar tertarget dan tidak akan terlalu membuang-buang biaya.

Pemasaran offline bisa dilakukan dengan banyak cara, diantaranya direct selling, marketing event, dan manual promo. Direct selling adalah pemasaran yang dilakukan dengan mengiriman surat penawaran langsung kepada konsumen untuk melihat properti yang dijual. Dengan marketing event, Anda bisa melakukan pameran properti untuk menarik minat pengunjung. Sedangkan manual promo yang dilakukan seperti memasang spanduk, menyebar brosur, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara pemasaran yang bisa dilakukan dalam bisnis properti. Tanpa aspek marketing, bisnis properti tidak akan menghasilkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *