12 Hal yang Harus Dikuasai untuk Menuju Closing

Untuk menjadi marketing properti yang sukses, ada beberapa hal yang harus Anda kuasai. Hal tersebut berkaitan dengan bagaimana cara Anda memasarkan properti hingga laku terjual atau istilahnya terjadi closing. Namun tidak hanya itu, seorang marketing properti juga harus menguasai teknik saat menghadapi klien atau calon pembeli. Sikap profesional sangat diperlukan untuk dapat mengambil hati konsumen. Salah satunya adalah dengan penguasaan produk (product knowledge). Seringkali marketing properti hanya ahli dalam mempromosikan produk properti, namun tidak begitu paham dengan properti yang dia jual. Sehingga saat ditanya lebih dalam oleh calon konsumen mengenai fitur serta benefit dari produk yang ditawarkannya, dia terkesan ragu-ragu. Jika demikian, maka akan sulit untuk mendapatkan closing. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada diri Anda, maka kami akan berikan beberapa tips tentang 12 hal penting yang harus Anda kuasai untuk menuju closing yaitu sebagai berikut.

  1. Anda harus menguasai product knowledge secara tepat baik fitur maupun benefitnya. Sedangkan tabel harga serta cicilan KPR 10-15 tahun bisa Anda hafal rata-ratanya per 100 juta.

  2. Berikan penampilan yang baik, seperti memakai wewangian yang wajar, pakaian hingga aksesoris yang pantas melekat di tubuh.

  3. Tampilkan sikap yang baik pada konsumen dan jauhkan dari kesan sombong.

  4. Anda juga perlu menguasai bahasa Indonesia dan bahasa lokal yang cukup baik disertai dengan olah intonasi.

  5. Anda perlu memahami pengetahuan tentang investasi properti serta istilah-istilah dalam bisnis dan perbankan.

  6. Saat Anda berhadapan dengan calon konsumen, tunjukkan sikap berhadapan yang mantap atau tiru 50% dari gesturenya, tidak ragu-ragu, terutama harus ada tatapan mata atau eye contact.

  7. Berbicaralah dengan jelas, usahakan agar Anda tidak gugup.

  8. Lontarkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah ke terjadinya closing, seperti apakah Bapak/Ibu berminat ke pilihan yang mana? Tipe apa? Dan pembayaran yang enak dan sesuai dengan yang Bapak/Ibu inginkan itu seperti apa?

  9. Anda juga harus memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai produk yang Anda tawarkan, tidak perlu berlebihan. Dan yang penting berikan kesan yang jelas namun tinggalkan rasa penasaran konsumen kepada produk.

  10. Penting untuk memfollow up calon konsumen Anda. Anda bisa meminta nomor kontak mereka agar Anda bisa terus memfollow up potensial buyer Anda.

  11. Terkadang konsumen perlu berpikir ulang dan memikirkan secara matang mengenai produk yang ditawarkan. Maka jangan sampai lupa untuk memberikan brosur dan tabel harga terpisah dengan kartu nama Anda agar mereka bisa menimbang-nimbang kembali kemudian menghubungi Anda jika tertarik.

  12. Sebenarnya ini paling penting dilakukan sebelum melakukan poin nomor 1, yaitu melakukan survey terhadap konsumen. Cari tahu detail informasi mengenai calon konsumen Anda. Jadi, jangan asal tembak. Pastikan Anda mendapatkan targeted buyer.

Itulah ke-12 hal yang perlu Anda kuasai untuk menuju closing. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *