Langkah-Langkah yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Tanah

Membeli tanah bukan merupakan hal yang gampang. Anda memerlukan analisis yang tepat dan benar agar tidak mengalami kerugian. Hal tersebut karena tanah merupakan investasi jangka panjang, jika Anda salah langkah atau perhitungan maka bisa-bisa bukannya untung malah Anda buntung. Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, maka Anda harus memperhatikan setiap langkah-langkah dalam membeli tanah. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan saat membeli tanah.

  1. Meninjau Lokasi

Lokasi adalah poin utama yang harus diperhatikan dalam investasi properti. Maka dari itu tidak heran jika nilai jual tanah pun juga tergantung dari lokasinya. Semakin strategi lokasinya, maka harga jualnya pun semakin mahal. Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk menginvestasikan tanah tersebut, ada baiknya Anda memilih lokasi yang baik. Selain itu, pastikan bahwa lokasi tanah yang Anda pilih tidak rawan terhadap bencana alam, lingkungannya aman, dan juga bersih.

  1. Cek Status Kepemilikan Tanah

Nah, saat Anda sudah menemukan tanah yang tepat, maka hal terpenting selanjuntnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek status kepemilikan tanah tersebut. Anda harus memastikan pada pemiliknya bahwa tanah tersebut bebas dari perkara sengketa. Disarankan untuk menggunakan jasa agen properti dalam hal pengurusan dokumen. Karena selain untuk memudahkan Anda, agen properti juga sudah berpengalaman.

  1. Memeriksa Kelengkapan Dokumen

Tidak hanya memeriksa status kepemilikannya saja, Anda juga wajib memeriksa kelengkapan dokumennya. Jika surat-surat dan dokumennya tidak lengkap, sebaiknya hindari membeli tanah tersebut meskipun harganya terbilang murah. Kemudian apabila status tanah yang Anda beli masih berstatus Hak Guna Bangunan, maka Anda bisa meminta bantuan notaris untuk mengubahnya menjadi Hak Milik.

  1. Dilakukan Pemeriksaan oleh PPAT

Setelah Anda memastikan kelengkapan dokumennya, Anda harus meminta bantuan PPAT untuk memeriksa keabsahan dokumen-dokumen tersebut. PPAT nantinya akan memeriksakan keaslian sertifikat tanah tersebut ke kantor Badan Pertanahan Nasional.

  1. Melakukan Balik Nama

Hal ini seringkali luput dilakukan oleh pembeli, sehingga terkadang bisa menimbulkan permasalahan. Sesaat setelah Anda membeli tanah tersebut, Anda harus segera melakukan balik nama sertifikat ke atas nama Anda. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengalami kerepotan saat membayar pajak atau misal akan menjualnya kembali apabila nama di sertifikat masih nama pemilik yang lama.

Demikianlah langkah-langkah yang harus Anda perhatikan saat membeli tanah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *