Keuntungan Membeli Tanah Girik bagi Developer

Sebagian developer masih menghindari membeli tanah girik. Karena mereka takut seolah-olah tanah girik tidak bisa diperjualbelikan dan khawatir jika tanah girik tersebut tidak bisa diajukan sertifikatnya serta rawan terjadinya sengketa. Memang di sejumlah kasus ada kesulitan dalam proses jual beli tanah girik, terlebih juga disebabkan oleh kepemilikan tanah girik tersebut lebih dari satu orang. Karena pada umumnya sekarang ini pemilik girik sudah meninggal dunia sehingga yang berhak atas tanah girik tersebut adalah para ahli waris.

Namun jika developer ingin membeli tanah girik sebenarnya bisa. Karena tanah apapun yang dikuasai oleh masyarakat bisa dimohonkan sertifikatnya. Asalkan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku dan tanah yang dikuasai tersebut mempunyai bukti kepemilikan yang sah, tidak terkecuali tanah girik. Ada beberapa keuntungan jika developer membeli tanah girik yaitu sebagai berikut.

  1. Lebih Mudah dalam Negoisasi Harga dan Cara Pembayaran

Umumnya pemilik tanah girik lebih fleksibel tentang harga jual dan cara pembayarannya. Agar pemilik tanah girik bersedia menjual tanah miliknya, Anda bisa menawarkan pengurusan sertifikat ditanggung oleh Anda. Namun biasanya di daerah yang tingkat permintaan huniannya tinggi, harga tanah sudah terstandarisasi sesuai harga pasar. Namun developer tetap berani membayar dengan harga pasar meskipun belum bersertifikat.

  1. Biasanya Tanah Girik Dijual dalam Keadaan Pemiliknya Sedang Butuh Uang

Biasanya pemilik tanah girik menjual tanahnya dalam keadaan sedang membutuhkan uang. Maka dari itu, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membeli tanah tersebut karena mereka akan memberikan harga yang murah (akibat terdesak keadaan butuh uang).

  1. Persaingan Akusisi Lahan Girik Lebih Kecil

Jika dibandingkan dengan lahan yang sudah bersertifikat, lahan girik jarang sekali menjadi rebutan developer untuk mengakusisinya. Hal tersebut karena tidak semua developer mau mengambil resiko dengan membeli tanah girik. Jadi kesempatannya lebih luas.

Selain itu, tanah girik juga bisa disertifikatkan. Jadi bagi Anda yang ingin mengakusisi tanah girik untuk tempat pembangunan proyek Anda tidak perlu khawatir. Semoga bermanfaat.

One Comment on “Keuntungan Membeli Tanah Girik bagi Developer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *