Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemilik Rumah Kost

Berbisnis rumah kost memang menguntungkan, namun sering tidak disadari, keuntungan yang Anda dapatkan kurang maksimal. Hal tersebut karena biasanya para pemilik kost hanya mengandalkan uang sewa bulanan sebagai penghasilan tetap dan enggan untuk mengembangkan bisnisnya. Padahal sebenarnya masih banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis rumah kost ini.

Para pemilik kost seringkali tidak menyadari kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan sehingga keuntungan dari bisnis rumah kost mereka kurang maksimal. Apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemilik kost? Simak ulasannya di bawah ini.

  • Tidak Mengelola Bisnisnya Secara Efektif

Pemilik rumah kost biasanya ada yang tinggal di sekitar rumah kost dan ada yang tidak jauh dari rumah kost miliknya. Bagi yang tinggal jauh dari rumah kostnya, mungkin sangat sering mengunjungi atau sekedar memeriksa rumah kost. Hal tersebut salah. Anda harus sering memeriksa rumah kost Anda agar tahu jika ada kerusakan yang harus diperbaiki. Jangan sampai menunda-nunda perawatan hingga kerusakan tersebut bertambah parah dan harus direnovasi yang tentunya memerlukan biaya yang biasanya tidak sedikit. Resiko untuk ditinggal oleh penyewa kost juga kemungkinan ada karena mereka lebih memilih menyewa kost yang kondisinya lebih bagus.

  • Mengerjakan Segala Sesuatu Sendiri

Untuk menghemat biaya operasional, segala perbaikan dan perawatan Anda lakukan sendiri tanpa membutuhkan bantuan ahli. Hal tersebut sebaiknya tidak Anda lakukan karena bukannya berhemat, Anda malah bisa membuat biaya operasional menjadi bengkak karena kurangnya keahlian Anda dalam pekerjaan tersebut. Ada baiknya Anda memanggil tukang yang sudah ahli dalam memperbaiki genteng yang bocor atau memperbaiki saluran air yang mampet. Ongkos untuk membayar tenaga ahli tersebut tidak akan seberapa jika dibandingkan dengan pembengkakan dana akibat kesalahan Anda dalam bekerja.

  • Tidak Melakukan Perincian

Melakukan bisnis rumah kost layaknya hobi adalah salah. Anda mungkin cenderung santai dalam menjalani bisnis ini sehingga tidak melakukan pencatatan pengeluaran atau pemasukan. Dengan begitu, Anda tidak akan tahu bagaimana keuntungan Anda sehingga sulit untuk mengembangkan bisnis ini. Sebaiknya lakukan perincian mengenai biaya-biaya yang dikeluarkan dan pemasukan yang Anda dapatkan. Sehingga Anda akan dapat menentukan keuntungan Anda. Jika Anda sudah mengetahui keuntungan Anda, Anda bisa membuat keuntungan yang Anda dapatkan tersebut menjadi lebih maksimal.

  • Tidak Memaksimalkan Keuntungan

Bisnis rumah kost sebenarnya juga memberikan peluang munculnya usaha lain, tergantung apakah Anda memanfaatkannya atau tidak. Kebutuhan penghuni kost tidak terbatas hanya tempat tidur saja, melainkan makanan, mencuci baju, serta kebutuhan lain. Anda bisa membantu penghuni kost memenuhi kebutuhannya tersebut untuk mendapatkan keuntungan lebih. Misalnya dengan menyediakan makanan bagi penghuni kost, menjual barang-barang yang diperlukan oleh penghuni, atau bahkan membuka jasa laundry. Anda pasti akan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut.

Demikianlah artikel tentang kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik kost. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *