Ingin Investasi Properti Anda Sukses? Cari Tahu Strateginya

Bagi Anda yang baru saja memulai investasi properti, perencanaan strategi yang tepat adalah kunci utama dari kesukesan investasi. Memerlukan bekal pengetahuan yang banyak tentang investasi properti merupakan langkah awal Anda dalam mengenali strategi tersebut. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, maka akan semakin besar pengalaman yang Anda dapatkan sehingga semakin besar pula potensi keuntungan serta kesukesan yang akan Anda raih dalam investasi properti. Untuk itu, strategi-strategi berikut bisa Anda terapkan terutama untuk Anda yang masih pemula sehingga investasi yang Anda jalani bisa sangat menguntungkan.

  • Memilih Waktu yang Tepat

Seorang investor yang sukses harus pintar-pintar memilih waktu yang tepat untuk menginvestasikan propertinya. Pada saat properti tengah melemah, banyak orang yang enggan berinvestasi. Padahal kondisi inilah yang justru bagus untuk membeli properti karena harganya sedang murah dan akan berpotensi untuk naik kembali. Namun Anda juga harus tetap cermat dalam memilih properti.

  • Memilih Developer/Pengembang yang Baik

Salah satu strategi dalam kesuksesan investasi properti adalah memilih pengembang atau developer yang baik. Untuk mengetahui mana developer yang baik, Anda bisa memeriksa dan memastikan bahwa track record yang mereka miliki baik. Beberapa poin yang bisa Anda pastikan adalah developer memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, berpengalaman menangani proyek-proyek besar, dan memiliki margin error yang sangat rendah.

  • Melakukan Survey Harga Pasaran

Sebelum memutuskan untuk membeli properti, alangkah baiknya Anda melakukan survey harga pasaran di wilayah tersebut. Hal ini penting agar Anda bisa merencanakan strategi penawaran ketika membeli properti. Jadi Anda tahu harga patokan saat melakukan tawar menawar. Selain itu, pastikan juga apakah lokasi tersebut berkembang atau tidak. Perhatikan potensi pengembangan jangka panjang di wilayah tersebut dan siapa target pasar yang mendominasi.

  • Miliki Aset di Tempat Berbeda

Jika investasi properti Anda sudah mulai berkembang, tentunya Anda pasti ingin menambah aset properti Anda agar keuntungan yang didapatkan lebih besar. Sebaiknya beli properti di lokasi yang berbeda agar bisa melakukan diversifikasi properti. Maksudnya bila resiko terjadi pada satu lokasi, Anda masih mempunyai harapan pada properti di lokasi yang satunya. Misalnya saja jika terjadi bencana alam.

  • Cari Mitra Terpercaya

Bagi pemula yang belum terlalu berpengalaman dalam investasi properti juga bisa mencari mitra. Anda bisa mencari mitra yang ahli dalam bidangnya masing-masing seperti investor, developer, arsitek, dan pengacara yang terpercaya sehingga Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal. Anda juga bisa mengkonsultasikan hal-hal terutama terkait masalah pemilihan properti/lokasi dan hubungannya dengan pengembangan di wilayah tersebut.

Itulah beberapa strategi-strategi yang bisa Anda terapkan agar investasi properti Anda sukses dan terus berkembang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *