Ada 4 Kuadran di Dalam Bisnis Properti. Ingin Berpijak Dimanakah Anda?

Dalam bisnis properti, tidak hanya ada satu pemain saja. Namun melibatkan banyak pelaku. Nah, dalam bisnis properti dikenal adanya kuadran bisnis properti. Kuadran, menggambarkan kelompok-kelompok pemain dalam bisnis properti, yang juga merupakan gambaran sederhana dari tingkatan bermain dalam bisnis properti. Bagi yang ingin memulai bisnis properti, kuadran ini bisa menjadi acuan Anda untuk berpijak. Ada 4 kuadran dalam bisnis properti yaitu sebagai berikut.

  1. Kuadran Broker

Kuadran broker merupakan kuadran pertama dan menjadi entry level dalam bisnis properti. Banyak yang memulai bisnis properti dari menjadi broker terlebih dahulu pada awalnya. Broker sendiri masih dibagi menjadi freelance broker dan profesional broker. Sebelum bisa menjadi profesional broker, paling tidak Anda harus mencoba menjadi freelance broker terlebih dahulu. Seperti yang kita tahu, broker dalam bisnis properti adalah menjadi penghubung antara pemilik properti dengan pembeli. Sistemnya Anda akan mendapatkan komisi.

  1. Kuadran Flipper

Flipper adalah sebutan untuk orang yang melakukan transaksi flip, yaitu membeli properti – merenovasi – lalu menjualnya kembali. Transaksi flip merupakan transaksi dasar dalam bisnis properti. Pola kerjanya sama dengan broker, namun seorang flipper harus berani mengambil resiko. Berbeda dengan broker yang memperoleh keuntungan dari komisi, flipper mendapatkan keuntungan dari margin penjualan properti yang dikehendaki.

  1. Kuadran Developer

Dalam kuadran ini bisa dibilang merupakan tingkatan paling rumit di dalam bisnis properti. Hal tersebut karena developer merupakan orang yang mengembangkan properti sehingga melibatkan banyak instrumen yang harus dikelola. Peran developer dalam bisnis properti adalah mengakusisi lahan, mengembangkannya menjadi properti, lalu memasarkannya. Tentu saja harus paham masalah perijinan, perhitungan keuangan, dan lain sebagainya. Developer sendiri dibagi menjadi 3, yaitu developer mini, developer real estate, dan developer rumah bersubsidi.

  1. Kuadran Investor

Dalam kuadran ini, uang bekerja untuk Anda. Karena sistemnya adalah Anda hanya perlu menanam modal pada developer, lalu biarkan developer yang mengelola cash flow maka Anda bisa mendapatkan uang secara pasif.

Demikianlah 4 kuadran di dalam bisnis properti. Jadi, ingin berpijak di kuadran manakah Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *