Tips Sukses Menjadi Marketing Properti

Bisnis properti menjadi bisnis yang paling menjanjikan saat ini. Bagaimana tidak, papan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Sehingga produk properti pasti banyak dicari oleh orang.

Banyak yang ingin terjun dan menekuni bisnis properti karena bisnis ini bisa dijadikan investasi di masa depan. Tapi bagi Anda yang masih pemula, pasti akan merasa kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. Sebenarnya menjadi marketing properti tidak memerlukan bakat khusus, asalkan Anda tekun menjalankan bisnis ini dan membuang jauh-jauh rasa gengsi Anda, besar kemungkinan Anda akan sukses. Selain itu, banyaknya orang yang menjalankan bisnis properti, membuat sebagian pelaku bisnis properti merasa kesulitan karena ketatnya persaingan. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebagai marketing properti agar Anda bisa sukses dalam berbisnis properti.

  1. Pahami Terlebih Dahulu Produk Anda

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memulai kegiatan marketing adalah memahami terlebih dahulu produk properti yang akan Anda pasarkan. Jika Anda memasarkan rumah, Anda harus paham mengenai detail rumah yang akan Anda tawarkan kepada calon pelanggan, seperti ukuran, material, dan lain-lain. Jangan sampai saat Anda ditanya oleh calon pembeli, jawaban Anda kurang menyakinkan karena tidak terlalu paham dengan produk yang Anda jual.

  1. Memahami Perilaku Pasar Target

Selain benar-benar memahami produk properti yang akan Anda jual, Anda juga harus memahami perilaku pasar target dimana Anda akan menjual produknya. Pastikan bahwa Anda menjual produk properti secara tepat sasaran atau ke orang yang tepat. Jika misalnya Anda akan menjual perumahan elit, Anda harus menawarkannya ke orang-orang kalangan atas. Jangan sampai Anda menjual perumahan elit tersebut ke orang biasa-biasa saja. Bisa dipastikan mereka tidak akan tertarik meninjau dari pola konsumsi mereka yang disesuaikan dengan pendapatan.

  1. Memanfaatkan Media

Media adalah salah satu perantara yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk. Terlebih saat ini jaringan internet sangat luas, sehingga kita bisa memanfaatkan media sosial. Hal yang harus diperhatian adalah memilih media yang tepat. Misalnya jika kita ingin memasarkan produk properti di daerah tertentu, gunakan radio sebagai media pemasaran karena selain biayanya lebih murah, strategi pemasaran juga akan lebih tertarget. Setelah itu, lakukan promosi secara terus-menerus dan gunakan beberapa pendekatan yang menarik minat calon pembeli.

  1. Mengadakan Pameran

Anda juga bisa mengadakan pameran produk properti di mall-mall atau di kantor untuk menawarkan produk yang Anda jual. Selain strategi pemasaran lebih tertarget, cara ini juga memperbesar peluang lakunya jualan Anda.

  1. Memperluas Relasi dan Menggunakan Sistem Referral

Tugas paling penting dari seorang marketing adalah memperluas relasi. Karena pekerjaannya berkaitan dengan mencari pembeli, maka relasi menjadi sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Perbanyaklah mencari teman dan menjalin hubungan baik dengan mereka. Jika Anda sudah mengenal banyak orang, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari pelanggan. Selain itu, sistem referral pun bisa Anda terapkan. Sistem referral ini sistemnya dari mulut ke mulut. Misalnya, Anda akan memberikan bonus kepada pelanggan Anda apabila mereka merekomendasikan beberapa orang terdekatnya untuk membeli produk properti di Anda. Cara ini terbukti ampuh menarik pelanggan karena orang biasanya akan lebih percaya dengan omongan atau testimoni dari orang terdekatnya sehingga peluang terjualnya produk Anda semakin besar.

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, hal terpenting lainnya dari menjadi seorang marketing properti adalah kemampuan komunikasi. Tanpa dibekali kemampuan komunikasi yang baik, Anda akan kesulitan dalam memasarkan produk karena tidak mampu meyakinkan calon pembeli. Selain itu, keuletan dan sikap pantang menyerah juga menjadi faktor sukses seorang marketing properti.

One Comment on “Tips Sukses Menjadi Marketing Properti”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *