Menengok Prospek Investasi Ruko

Banyak bisnis properti yang bisa dijalani, salah satunya adalah investasi ruko. Ruko atau rumah toko menjadi salah satu produk bisnis properti yang masuk dalam kategori bangunan komersil atau tempat usaha. Bisnis ruko sendiri sebenarnya sudah menjamur di negeri ini baik di kota besar maupun di kota kecil. Namun seiring dengan majunya perekonomian, prospek bisnis ini semakin bagus karena kebutuhan akan lahan untuk tempat usaha semakin meningkat.

Bila dibandingkan dengan bisnis sewa rumah, investasi ruko lebih menjanjikan karena ruko lebih cepat laris dibandingkan rumah (permintaannya lebih tinggi). Harga sewa dan harga jual ruko juga lebih tinggi daripada rumah, bahkan ruko kecil pun bila disewakan bisa sampai 30 juta per tahun. Bisnis ruko ini sangat cocok untuk investasi jangka panjang. Biasanya penyewa ruko akan menyewa ruko dalam jangka waktu 3 tahun karena mereka biasanya baru menemukan titik BEP (Break Event Point) pada tahun kedua dan akan menikmati keuntungan dari usahanya pada tahun ketiga. Hal ini tentu akan menguntungkan developer ruko karena semakin lama waktu kontrak sewa maka akan semakin banyak keuntungan yang didapatkan.

Keuntungan lain dari investasi ruko adalah apabila perekonomian di dalam negara semakin bagus, maka harga jual/sewa ruko juga akan naik dari tahun ke tahun (karena semua orang butuh lahan untuk mengembangkan usahanya). Ruko yang dibangun di lokasi yang strategis juga akan menyebabkan tingginya permintaan akan ruko. Permintaan ruko yang tergolong tinggi tersebut, membuat tingkat pengembalian pada investasi ruko menjadi lebih besar. Selain itu, ruko yang dijual akan memberikan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan dengan ruko yang disewakan. Keuntungan harga jual bisa mencapai 20% dari harga awal, sedangkan keuntungan harga sewa ruko hanya mencapai kurang dari 10% dari harga awal.

Selain memiliki prospek yang bagus, investasi ruko ternyata juga mempunyai beberapa kelemahan. Yang pertama, investasi ruko sangat bergantung pada lokasi. Investasi ruko tidak akan berkembang bahkan akan merugikan apabila ruko dibangun di wilayah yang sepi. Para pengusaha pastinya akan memilih lokasi yang memiliki prospek ekonomis untuk mengembangkan usahanya. Maka dari itu, bangunan ruko di wilayah ramai akan lebih laris dan banyak diburu. Yang kedua, investasi ruko sangat rentan terhadap kondisi perekonomian negara. Apabila kondisi ekonomi sedang lemah, maka para penyewa ruko biasanya akan berhenti menyewa ruko karena prospek usaha yang semakin menurun sehingga tidak mampu lagi untuk menyewa ruko dan lebih memilih untuk membuka usaha di rumah. Hal ini tentu akan membuat rugi para investor ruko.

Untuk menyiasati hal tersebut, beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi ruko adalah Anda harus memilih lokasi yang strategis untuk menjalankan usaha dan memiliki prospek ekonomis untuk mengembangkan usaha bagi si calon penyewa. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan pemukiman warga serta memiliki akses yang dekat dengan fasilitas umum seperti area perkantoran dan kampus. Jika mungkin, pilihlah lokasi yang sudah ramai bukan yang masih berkembang karena lokasi dengan traffic pengunjung yang ramai akan membuat permintaan akan ruko semakin tinggi pula. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam hal modal, Anda bisa mengajukan pinjaman ke bank. Bagaimana? Sudah siapkah anda untuk berinvestasi ruko?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *