Cara Agar Investasi Tanah Menguntungkan

Investasi tanah menjadi bisnis yang banyak digeluti oleh orang saat ini. Meninjau dari semakin meningkatnya permintaan akan lahan tanah, membuat tanah menjadi sumber pendapatan yang potensial karena jumlahnya terbatas namun banyak dibutuhkan oleh orang. Harga tanah bisa bervariasi di setiap tempat atau kota, tergantung pesat tidaknya pertumbuhan ekonomi di kota tersebut. Semakin cepat pertumbuhan ekonomi di suatu daerah, maka harga tanah akan semakin mahal. Selain itu, lokasi tanah juga berpengaruh terhadap harga tanah. Tanah yang berada di lokasi strategis atau ramai, maka juga akan semakin mahal karena banyak diminati orang.

Jika Anda saat ini sedang berinvestasi tanah, Anda harus pintar-pintar dalam menghadapi persaingan. Anda harus memiliki strategi agar bisa memenangkan persaingan tersebut. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis yang Anda geluti ini dapat memberikan banyak keuntungan. Jangan sampai malah membuat Anda mengalami kerugian. Berikut beberapa cara agar investasi tanah Anda menguntungkan.

  1. Menentukan Lokasi Tanah

Hal pertama yang sangat penting dan harus diperhatikan sebelum berinvestasi tanah adalah menentukan lokasi tanah. Anda benar-benar harus cermat dalam memilih lokasi tanah yang sekiranya berpotensi untuk mengalami kenaikan harga tinggi. Biasanya lokasi tanah yang banyak dicari adalah yang memiliki prospek bagus untuk lahan usaha seperti di daerah industri atau juga kawasan pemukiman warga yang ramai. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan lokasi. Jangan sampai tanah yang akan Anda jual nanti sering banjir, dekat dengan tempat pembuangan sampah, angker, dan sebagainya.

  1. Memperhatikan Kondisi Tanah

Kondisi tanah yang harus diperhatikan antara lain kepadatan, kerataan, serta bentuknya. Tanah yang biasanya banyak disukai orang adalah yang rata dan padat karena memudahkan untuk mendirikan bangunan. Selain itu, tanah yang bentuknya persegi dan trapesium juga lebih disukai orang dibandingkan dengan bentuk lainnya. Untuk posisi tanah, biasanya orang lebih menyukai tanah yang menghadap ke arah utara atau selatan.

  1. Jangka Waktu Lebih Lama

Semakin lama berinvestasi tanah, maka harganya akan semakin mahal. Hal itu karena tanah mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Jika Anda ingin menjual tanah, disarankan untuk menjualnya jika waktunya sudah lebih dari 3 tahun. Kenaikan harganya akan lebih tinggi dan mampu untuk menutup seluruh biaya yang digunakan untuk membeli dan menjual tanah.

  1. Kelengkapan Dokumen Dan Bebas Sengketa

Pastikan bahwa tanah yang akan Anda beli bebas dari sengketa apapun. Dan yang paling penting adalah dokumen dan sertifikatnya jelas serta lengkap. Periksa dan pastikan data di dalam dokumen juga harus sesuai dengan nama pemilik tanah. Jika tidak, Anda akan mengalami masalah dan malah mengeluarkan banyak uang untuk menyelesaikannya.

  1. Melakukan Negoisasi Harga

Jika Anda akan membeli sebuah tanah, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu harga pasaran di wilayah sekitar agar Anda tau perkiraan harganya. Informasi seperti ini bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak nantinya jika menjual tanah tersebut. Disarankan untuk menggunakan jasa notaris agar Anda tahu biaya-biaya apa saja yang harus dikeluarkan ketika membeli dan menjual tanah.

Tanah memang digunakan untuk investasi jangka panjang. Jadi tanah memanglah tidak harus kembali menghasilkan dalam waktu yang singkat. Tanah bisa digunakan sebagai dana cadangan di saat-saat darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *