Menaikkan level bisnis

Jika anda telah mencapai puncak omset dagang fantastis disertai dengan visi awal mengembangkan proyek (Star Up) maka pekerjaan pertama anda telah selesai. Meminjam istilah kawan saya Harry Afandy (CEO Mitra Sejahtera Group), tahap survival anda telah selesai maka anda akan memasuki tahapan kedua dalam mengembangkan bisnis anda yaitu tahap standarisasi bisnis.

Pada level ini bisnis anda dituntut untuk mulai berpikir sistem dalam rangka memperkuat internal organisasi. Tentu anda tidak ingin lagi terjadi turn overkaryawan yang tinggi, mosi kurang percaya dari investor ataupun mosi tidak percaya dari pembeli/konsumen. Singkat kata anda butuh konsistensi, akuntabilitas, standarisasi.

Ketika sebelumnya anda menjalankan perusahaan mati-matian berdarah-darah untuk mendapatkan bantalan saldo yang positif maka dengan sistem yang terstandar dengan baik anda mulai melihat bisnis anda bukan lagi sebagi usaha dagang (kulakan-bakul) tetapi sebagai sebuah perusahaan dengan organisasi bisnis.

Menjadi penting saat ini berbicara bisnis untuk melihat masa depan yang berkelanjutan. Anda tidak mungkin bertahan terus dengan hanya jual beli rumah bukan?. Anda tentu harus mulai bicara layanan konsumen, SOP karyawan, akuntabiltas keuangan, kepercayaan pasar atau bahkan reputasi bisnis.

Anda butuh banyak mencetak credit point dalam rangka menggaet banyak investorataupun minat pelamar kerja (the choice of employee). Selamat! Jika anda mulai berpikir kearah sana.

Adi haryadi| www.nDalemgroup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *