Tips Menjaga Kebersihan Udara Rumah Anda

Menjaga kesegaran udara tetap aman di lingkungan rumah sangatlah penting. Udara yang tidak sehat, terkontaminasi, penuh dengan debu, alergen, polutan, dan bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan berbagai penyakit salah satunya asma, alergi dan masalah pernapasan lain.

Ini nih beberapa tips untuk menjaga kebersihan udara rumah anda.

  • Debu. Pastikan selalu membersihkannya dengan vacuum cleaner sedikitnya tiga kali seminggu. apabila tinggal di daerah yang kering dan berdebu disarankan setiap hari lebih baik karena debu di karpet dan kursi berpengaruh besar terhadap kesehatan.
  • Pergantian udara. Mengganti filter udara secara teratur perlu dilakukan untuk memastikan pertukaran udara di dalam rumah bersih. Ganti filter dalam pendingin udara tiga sampai enam kali setahun, agar filter udara berfungsi sempurna.
  • Sepatu. Setelah beraktifitas seharian di luar, tanpa disadari anda membawa kotoran, polusi, dan debu ke rumah lewat sepatu. Untuk meminimalisirnya sebaiknya buat sebuah ruang kecil di depan pintu masuk rumah untuk menghapus debu dan kotoran yang menempel.
  • Asap. Diperkirakan 40 persen anak-anak terpapar asap rokok di rumah, yang berdampak buruk bagi kesehatannya. Jangan biarkan orang merokok di rumah. Jika ada anggota keluarga perokok, pastikan mereka merokok di luar rumah dan baru masuk kembali setelah beberapa menit di luar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *