Ilusi Tubuh Perenang

‘7 dari 10 orang indonesia menggunakan shampo ini..’, atau ‘dapatkan rambut indah nan mempesona dengan memakai kosmetik ini..’, atau begini ‘setelah memakai produk pelangsing ini dalam 3 bulan saja berat badan saya telah berkurang sebnayak 5 kg’, atau ‘anda ingin six pack, minum susu ini!, trust me it works..’. Demikian para model cantik & tampan menjajakan produk iklan. Dengan cara begitu mereka memang untuk dibayar, jika tdk begitu maka produk iklan yang berseliweran dari pagi sampai pagi tidak akan pernah ‘dinikmati’ publik.

Tapi sadarkah kita bahwa tanpa kosmetik yang disapu ke mereka atau susu yang diminum oleh para pemuda tampan tersebut wajah dan tubuh mereka memang dari sono memang sudah indah dan bagus?. Naseem Nicholas Taleb yang hebat, menyebut semua itu dengan faktor seleksi yang tertukar dengan faktor proses. Hal tersebut yang menjelaskan mengapa kita tergoda mendapatkan wajah cantik, badan ramping, badang atletis dsb.

Sewaktu agak muda saya merindukan badan yang atletis; saya pilih satu olahraga yang mampu memberikan saya tubuh yang atletis demikian pikir saya. Ahhaa, mungkin itu adalah binaraga, tapi bukankah binaragawan terlihat bodoh (maaf..) dengan otot besarnya?; atau mungkin lari marathon? Tapi tunggu dulu, bukankah para atlit dicabang ini terlihat kurus tak bahagia..; balap sepeda mungkin..tapi atlit ini terlihat besar dibelakang drpada didepan… akhirnya saya pilih olahraga renang, bukankah atlit renang laki-laki terlihat seperti Dewa Yunani?.

Namun sayang, setelah 3 bulan hanya sedikit sekali wanita yang memandangi saya pas berpapasan di jalan atau hampir tidak ada wanita (yang bahkan saya kenal baik) mengagumi tubuh saya kecuali istri saya tentu!. Seketika saya sadar, saya telah terkena ilusi; bahwa perenang laki-laki tampan dengan otot bak dewa yunani tersebut memang telah mereka dapatkan tanpa mereka harus berusaha keras seperti saya & kebanyakan umum orang, apakah karena faktor genetik? DNA? Saya tidak tahu persis.

Saya jadi ingat dahulu , Elvira Rosa Nasution (perenang nasional yang cantik memukau) adalah berasal dari keluarga perenang. Mungkin itu juga yang menjelaskan mengapa hari-hari diet yang saya jalankan terasa amat menyiksa karena tanpa hasil atau mengapa nilai matematika saya begitu-begitu saja atau mengapa yang kaya tambah kaya atau mengapa yg lain-lain. Syukuri saja apa yang sudah ada. Cari bakat bisnis anda yg terhebat kembangkan jadi hebat. Rumput tetangga memang selalu tampak lebih hijau…Salam

Adi Haryadi | www.nDalemgroup.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *