Program BSPS, Bangun Rumah Tanpa Biaya

Khalawi Abdul Hamid selaku Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Rakyat Kementerian PUPR mengungkapkan, masyarakat dapat terlibat langsung dalam program padat karya tunai Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Diharapkan program padat karya tunai dapat membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Tujuan Read more…

Mau Bangun Rumah Yang Aman Dari Gempa? Ini Panduannya

Gempa yang terjadi beberapa waktu lalu di Jogja, Padang, Lombok dan Palu serta daerah lainnya telah membuat banyak kerusakan. Salah satunya dikarenakan faktor bangunan yang kurang memenuhi standar tingkat aman bila terjadi gempa bumi. Maka perlu disosialisasikan tentang bagaimana membangun rumah yang tahan gempa. Meski demikian, pada level tertentu kekuatan gempa, kerusakan adalah hal yang tak bisa kita hindari.

(more…)

Tak Cocok Beli Rumah Jadi, Sebaiknya Beli Tanah dan Bangun Sendiri

Siapa sih yang tak ingin punya rumah sendiri. Entah itu beli atau Bangun sendiri. Untuk itu banyak dari Anda yang hunting rumah melalui pameran dan iklan-iklan rumah dijual di marketplace atau koran. Tapi ternyata tak semua yang ditawarkan bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda. Apalagi membeli rumah adalah keputusan yang besar dan menggunakan dana yang besar pula.

(more…)

5 Gedung Dari Kayu Paling Tinggi Di Dunia

Teknologi memodernisasi bahan kayu menjadi bahan olahan. Glulam dan CLT misalnya, banyak digunakan dalam pembangunan. Glulam (Glued Laminated Timber)  adalah salah satu jenis kayu komposit yang terdiri dari susunan lapisan kayu yang direkatkan satu sama lain. Sedangkan CLT (Cross-Laminated Timber) merupakan panel kayu yang terbuat dari beberapa lapisan kayu. Setiap lapisan merupakan kumpulan dari kayu gergaji padat yang direkatkan. Khususnya penggunaan CLT sebagai bahan baku pembuatan bukan tanpa alasan. Material CLT lebih ringan 30 persen ketimbang semen atau baja pada umumnya.

(more…)