Terjadi sebuah keanehan di Singapura. Padahal lagi ada pandemi Covid-19 dan resesi tetapi pada kuartal III/2020 harga rumah swasta di Singapura malah naik, kan aneh gitu lho. Harganya naik pas Singapura masuk fase kedua dari pembukaan kembali atas lockdown total selama hampir 2 bulan.

Sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Jumat, 2 Oktober 2020, Data Urban Redevelopment Authority (URA) memprediksi indeks harga keseluruhan untuk properti hunian non-pemerintah naik 0,8 persen, lebih cepat dari kenaikan 0,3 persen pada kuartal II/2020.

Hal tersebut terjadi setelah pada kuartal pertama 2020 harga rumah swasta turun 1 persen, penurunan kuartalan pertama mereka dalam setahun. Tahun 2020 sendiri harga rumah swasta sedikit naik 0,1 persen.

Gambaran pasar properti terbaru muncul setelah URA pada awal pekan kemarin membatasi praktik sejumlah developer yang menerbitkan kembali option to purchase (OTP) beberapa kali,

Langkah tersebut memiliki tujuan untuk mendorong kehati-hatian finansial di tengah kemerosotan terburuk di Singapura dan lonjakan kehilangan pekerjaan dengan memastikan bahwa pembeli tidak memiliki komitmen pada rumah baru yang sebenarnya mereka tidak mampu untuk membelinya.

Pakar pasar menyebutkan, penjualan rumah baru yang terlihat kuat dalam beberapa bulan terakhir di tengah resesi parah mungkin telah menimbulkan persepsi pasar yang sedikit mengalami distorsi.

Analis di sana menuturkan, berdasarkan ketentuan baru, developer tak lagi dapat menerbitkan kembali OTP ke pembeli yang sama untuk unit yang sama selama 12 bulan usai OTP asli kedaluwarsa. Ini akan menyingkirkan pembeli yang kurang percaya diri untuk melakukan pembelian.

Associate director penelitian Cushman & Wakefield untuk Singapura dan Asia Tenggara, Wong Xian Yang menuturkan bahwa pasar rumah “secara mengejutkan tetap tangguh”, dengan harga kuartal ketiga tertinggi semenjak periode yang sama pada 2013 silam.

Dia menilai, kondisi pasar yang bagus ini tidak lepas dari stimulus pemerintah yang mendukung ekonomi, sehingga mengurangi tekanan penjualan dan memungkinkan penjual untuk tetap mempertahankan harga.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *