Di negara +62 ini masih banyak rumah-rumah yang dikategorikan tidak layak huni, istilahnya Rumah Tak Layak Huni (RTLH), tapi bukannya pemerintah cuma duduk-duduk ga ngapa-ngapain lho.

Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) punya program bedah rumah namanya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Program ini pun sudah teruji secara klinis, maksudnya sudah terbukti efektif buat mengurangi jumlah RTLH dan menggerakan roda perekonomian lokal.

Untuk artikel kali ini sesuai dengan judulnya pemerintah akan memberikan bantuan perbaikan rumah alias bedah rumah di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Menurut Andy Suganda, Kepala  Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan I Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Kementerian PUPR tahun 2020 ini mengirimkan bantuan perbaikan rumah sebanyak 146 unit di Kabupaten Mempawah.

“Telah dilakukan pembongkaran untuk rumah tidak layak huni milik masyarakat untuk ditingkatkan kualitasnya melalui program ini. Program ini merupakan program bantuan pertama yang diluncurkan di Kabupaten ini dengan dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Mempawah,” ucap dia.

Pihak BP2P Kalimantan I juga melakukan serah terima buku tabungan Program BSPS kepada para calon penerima Program BSPS ini.

Kementerian PUPR juga merangkul banyak pihak salah satunya dengan perbankan dan toko material bahan bangunan lokal biar program bedah rumah ini bisa lancar jaya maju jalan wes ewes ewess rampung omahe.

Bantuan yang diberikan nantinya bukan berbentuk mentahan atau uang tapi langsung material bahan bangunan buat perbaikan kualitas rumah.

Untuk lokasi sebaran penerima bantuan mencakup di dua kecamatan yaitu kecamatan Mempawah Hilir sebanyak 92 unit dan kecamatan Sungai Kunyit sebanyak 54 unit. Acara bedah rumah di kecamatan ini sekaligus sebagai percontohan dan pilot project buat program berikutnya.

Herlina selaku Bupati Kabupaten Mempawah berharap, Kementerian PUPR untuk tetap menyelenggarakan program bedah rumah ini lantaran masih banyak warga yang tinggal di wilayahnya memiliki hunian yang di bawah standar rata-rata layak.

“Program bedah rumah ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas hunian khususnya yang berlokasi di daerah pesisir. Lokasi  ini juga merupakan kawasan starategis nasional dan terdapat Pelabuhan Internasional Temajo sehingga program yang dilaksanakan di sini sangat baik untuk penataan seluruh kawasan,” ujar nya.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *