Pemerintah punya segudang program buat sektor perumahan salah satunya yaitu bikin rumah susun sewa (rusunawa) untuk berbagai macam golongan yang didirikan oleh Kementerian PUPR. Salah satunya rusunawa buat para mahasiswa di Jawa Tengah.

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali mengalirkan bantuan perumahan buat temen-temen mahasiswa di Jawa Tengah dengan mendirikan empat tower rumah susun sewa (Rusunawa).

Empat Rusunawa yang dibangun antara lain yaitu Rusunawa Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rusunawa Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), Rusunawa Mahasiswa Universitas PGRI Semarang, dan Rusunawa Mahasiswa Univeristas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW).

Menurut Wahyu Adi Satriawan selaku Kepala Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Tengah, Rusunawa yang dibikin buat para mahasiswa ini berupa banguan lowrise setinggi tiga lantai. Tiap kamarnya berukuran 24 m2 dan ada juga unit buat penyandang disabilitas.

“Rusunawa yang dibangun Kementerian PUPR ini memang didesain untuk mendukung sarana hunian demi mendukung kualitas mahasiswa di kampusnya. Dengan adanya hunian yang baik seperti ini diharapkan para mahasiswa bisa meningkatkan kualitas belajar dan bisa lebih fokus untuk mencapai prestasi yang baik,” kata dia.

Tenang saja guys, proses pengerjaan Rusunawa ini mengikuti standar protokol pencegahan Covid-19 yang ketat. Biar progres atau timetable pembangunannya berjalan sesuai jadwal, juga untuk menjamin biar tidak ada pekerja yang terdampak yang akhirnya malah proyeknya jadi ngaret, jadi molor gitu.

Program Rusunawa di tahun 2020 ini ada sebanyak delapat tower untuk wilayah Jawa Tengah. Empat tower buat mahasiswa, dua tower buat santri pondok pesantren dan dua tower lagi buat temen-temen dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Untuk lokasi Rusunawa pondok pesantren di Pondok Pesantren Darussaaddah Kabupaten Kebumen dan Pondok  Pesantren Baitul Izza Kabupaten Wonogiri. Sedangkan Rusunawa MBR ada di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Kontraktor proyek Rusunawa ini adalah PT Wijaya Karya Pracetak Gedung.

“Untuk Rusunawa mahasiswa ini ditargetkan bisa selesai pada bulan Oktober 2020 ini. Saat ini progres pembangunannya telah mencapai hampir 22 persen denngan nilai anggaran lebih dari Rp12 miliar. Semoga pembangunan Rusunawa ini tidak ada kendala berarti sehingga bisa diserahterimakan tepat waktu  sesuai jadwal,” tambah Wahyu.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *