Corona oh corona kapan kah engkau akan pergi dari negara kepulauan yang diapit oleh 2 samudera dan 2 benua ini. Tau ga sih, sebenernya pertengahan bulan Juli 2020 kemarin Bank Indonesia sudah menurunkan suku bunga acuannya tapi sayangnya perbankan masih belum mau menurunkan suku bunga kredit non-subsidinya.

Kalau saja suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) perbankan itu mau turun, tentu saja bakalan ada efek ganda di sektor properti.

Terkait perihal diatas, Daniel Djumali selaku Sekretaris Jenderal DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) mengatakan, akibat pandemi Covid-19 saat ini sumber pendapatan masyarakat terganggu dan otomatis bikin daya beli konsumen terpengaruh.

“Yang tadinya menengah atas turun menjadi menengah bawah, juga yang tadinya menengah bawah turun menjadi konsumen MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) atau rumah subsidi,” ungkap Daniel, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Jumat, 7 Agustus 2020. 

Jika saja suku bunga KPR non-subsidi buat masyarakat berpenghasilan menengah bawah ditekan atau diturunkan, bakalan ada efek ganda, yaitu bangkitnya sektor properti yang terpojol akibat pandemi covid-19.

Dirinya juga tidak menepis untuk suku bunga subsidi KPR MBR skema subsidi selisih bunga, konsumen MBR dapat subsidi bunga jadi 5 persen tiap tahunnya selama 10 tahun ke depan dan selebihnya bunga berjenjang sesuai dengan suku bunga pasar saat itu.

Namun, Daniel berujar, ada faktor dominan yang lebih penting lagi, yaitu gimana caranya biar konsumen menengah bawah dan MBR bisa punya rumah dengan syarat minimal dan tidak dipersulit buat dapat rumah menengah bawah yang diimpikan.

“Terlebih dengan situasi bekerja dari rumah bisa bekerja dengan nyaman sesuai protokol kesehatan di rumahnya sendiri, khususnya bagi konsumen MBR,” ujar Daniel.

Maka dari itu, kemudahan konsumen MBR dalam memperoleh hunian juga mempengaruhi alira dana kas pengembang menengah bawah maupun MBR.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *