Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lagi bagi-bagi rejeki berupa rumah khusus (rusus) guys. Rusus yang makan budget Rp 4,6 miliar ini ada 36 unit dirancang dengan tipe kopel 28 meter.

Kali ini yang kedapatan rejeki nomplok adalah nelayan di Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Nursal selaku Kepala Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat bilang, pembangunan sekaligus serah terima kunci rusus sudah beres pada 15 Juni kemarin.

“Kami telah menyelesaikan pembangunan dan melakukan serah terima kunci rusus kepada Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman,” ucap Nursal dalam siaran pers, Selasa (23/6/2020).

Beliau mengatakan, rusus yang dilengkapi berbagai macam fasilitas seperti jalan, drainase, listrik dan air bersih ini diperuntukkan buat nelayan yang tinggal dan kerja di daerah tersebut.

Kontraktor pelaksana pembangunan 36 unit rusus nelayan di Padang Pariaman ini dikerjakan oleh PT Sumber Alam Sejahtera.

“Kami berharap dengan menempati rumah yang layak huni untuk kelangsungan hidup dan tempat yang nyaman ini meningkatkan kesejahteraan para nelayan di Padang Pariaman,” kata Nursal.

Di lain pihak, Yuniswan selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman menyampaikan, nelayan di daerahnya tersebut sangat bersyukur dengan adanya bantuan berupa rusus ini. 

Sebab, rumah adalah satu dari sekian banyak kebutuhan nelayan yang harus dipenuhi sehingga mereka bisa lebih fokus untuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami harap rusus nelayan ini dijaga dan dirawat dengan baik dengan menjaga keamanan dan kebersihannya,” kata Yuniswan.


Disadur dari Kompas


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *