Pak Arief Sabaruddin bosnya Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bilang, ga cuma fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tapi juga SiKasep bisa jadi wadah penyaluran buat bantuan pembiayaan perumahan

“Saat ini kami terus mengembangkan dan menyinergikan seluruh bantuan pembiayaan perumahan dari Pemerintah dengan sistem yang kita bangun,” kata Dirut Arief dalam siaran pers, Jumat (12/6/2020).

Ini soalnya menyusul sinergi secara host to host dengan Ditjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR pada aplikasi SiKasep untuk urusan proses verifikasi data penyaluran bantuan pembiayaan perumahan untuk Subsidi Selisih Bunga ( SSB).

Sejak launching senin minggu kemarin tanggal 8 Juni 2020 buat pembiayaan SSB tercatat, udah sebanyak 2.477 debitur SSB yang di verifikasi pake aplikasi SiKasep.

Pak Arief juga bilang, PPDPP juga sudah bersinergi dengan pihak-pihak lain supaya aplikasi SiKasep ini bisa berjalan dengan baik.

Sistem secara otomatis pun juga sudah dijalankan oleh PPDPP yang melibatkan peran serta dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Negeri Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dalam urusan verifikasi status kependudukan.

Selanjutnya, PPDPP juga sudah ada kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Jadi, semua arus data dan transaksi yang muter-muter kesana kemari cuma pihak PPDPP dan Bank Pelaksana aja yang bisa dapet aksesnya.

Ga cuma itu, untuk urusan intergrasi program Pemerintah dalam pengembangan data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan data MBR, PPDPP kerja sama dengan BLU Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yaitu dengan pemanfaatan jaringan komunikasi data penerima fasilitas pemerintah.

Arief sendiri menyampaikan, rangkaian sistem Big Data yang dibuat oleh PPDPP saat ini masih punya banyak potensi pengembangan lebih lanjut, jadi bisa makin canggih lagi.

“Dalam hal kerjasama, PPDPP selalu terbuka, saat ini kami juga sedang lakukan komunikasi dengan beberapa perusahaan negara dalam hal pemanfaatan penyaluran bantuan pembiayaan perumahan,” kata Arief. Arief berharap, aplikasi SiKasep dapat memberikan KPR bersubsidi tepat sasaran bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 


Disadur dari Kompas


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *