Daripada Ngomelin Polusi Udara. Nih Solusinya!

Pernah gak kalian semua berpikir gimana solusi dari pencemaran polusi udara?? Pasti banyak yang merasa resah kan? Polusi udara pasti membuat kalian merasa panas dan tidak nyaman. Tapi tenang, teryata ada solusi yang bisa diterapkan. Apa itu? Mau tau? Cekidot yuk!

Nah solusinya yaitu Pembuatan Atap Hijau

Ternyata pembuatan atap hijau memiliki banyak manfaat lho, terutama dapat membantu dalam proses memerangkap ozon. Selain itu, atap hijau juga befungsi sebagai ruang untuk menanam tanaman. Eitss.. ini bukan asal teori ya, tapi memang diambil dari pendapat seorang ilmuwan dari Portland State University dalam studi penemuannya. Mau tau gimana cara kerja dan rancangan atap hijau? Baca terus ya hehe..

Kenapa ya..di zaman yang modern ini atap hijau banyak diminati oleh masayarakat terutama masyarakat di wilayah perkotaan?

Jadi guys,, ternyata pemanfaatan atap hijau ini dapat dijadikan alternatif untuk penghijauan suatu wilayah yang banyak pencemaran polusi udara. Ya seperti yang kita tau lah, di wilayah perkotaan pasti banyak sekali polusi udara kan? Jadi atap hijau ini menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu ternyata ada manfaat lain lho atap hijau juga mampu menyaring karbon dioksida serta mengurangi limpasan air berlebih setelah badai besar.

Trus gimana sih rancangannya ?

Atap hijau ini dirancang dari lapisan anti air, penghalang akar, sistem drainase dan media tumbuh bagi tanaman. Jadi, bisa digunakan sebagai kebun untuk menanam berbagai macam tanaman yang dapat dibudidayakan. Tentu sangat bermanfaat kan . Apalagi buat kalian pecint tanaman pasti bakal semakin betah nih..

Pembuatan atap hijau ini benar benar bisa gak sih untuk mengatasi polusi ? Eitss jangan khawatir, pembuatan atap hijau ini sudah dibuktikan oleh ilmuwan lho, mereka membuktikan bahwa atap hijau ini memang dapat memerangkap ozon yang dibuktikan di sebuah bangunan komersial di Portland caranya dengan memasang perangkap yang diletakkan diantara lapisan atap tradisional dan atap hijau.

Dari hasil riset itu, membuktikan bahwa atap hijau mampu memerangkap ozon dan dapat mencegah ozon masuk ke dalam bangunan. Prosesnya disebut dengan pengendapan kering dimana partikel di udara menumpuk pada permukaan padat. Dengan adanya perangkat tersebut dapat mengukur tingkat ozon udara di sekitar bangunan. Karena dengan proses pengendapan kering telah terbukti sebagai cara yang efektif dalam menyaring udara dan benar – benar alami. Nahh jadi benar benar terbukti kan?

Jadi gak perlu khawatir lagi untuk mengatasi polusi lagi selain ramah lingkungan ata hijau juga bisa meningkatkan kualitas udara di dalam bangunan sehingga bisa mengurangi tingkat ozon yang masuk. Tapi ternyata penelitian ini gak hanya berhenti disini karena para ilmuwan masih meneliti kadar polutan dalam jangka waktu yang lama juga meneliti polutan selain ozon. Wahh hebat banget ya..

disadur dari Kompas

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.