Virus Corona Dapat Bertahan Cukup Lama Di Perabot dan Material Rumah Kamu

Ternyata yang perlu sering dibersihkan bukan hanya tangan kita lho. Karena ternyata virus Corona atau COVID-19 ini dapat nempel luaamaa di perabot dan material bangunan rumah. Apa aja dan berapa lama? Cekidot yuk!

Eh ini beneran lho. Informasi ini diambil dari sebuah riset di Inggris yang disajikan di  New England Journal of Medicine pada 17 Maret 2020. Judulnya “Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1”   oleh Neeltje van Doremalen, PhD dari National Institute of Allergy and Infectious Diseases. Tentu dia gak sendirian. Ada tim risetnya dan dia adalah kepala risetnya.

Di riset itu juga menyatakan kalo COVID-19 dapat bertahan di udara selama 3 jam. Bayangin virus itu melayang-layang di udara dan menempel muka kita. Duuuh gaswat! Makanya ikuti anjuran pemerintah untuk social distancing. Beneran! Ikuti aja!

Karena virus Corona bertahan 3 jam dan mungkin melayang-layang di udara dan finally hinggap di perabot rumah atau material rumah. Misalnya saja nempel pada material kayu. Si virus dapat bertahan di kayu selama 4 hari. Tak hanya kayu, di kaca juga bakal bertahan 4 hari.

Coba sekarang cek perabotan rumah dan material rumah kamu yang berbahan kayu dan kaca. Ada kusen, pintu, jendela, lemari, kursi, meja cermin, gelas, dll dll. Kalo spion mobil ama kendaraan juga kaca bukan ya?

Tapi kamu ternyata gak menggunakan kusen pintu dan jendela dari kayu, kamu memilih menggunakan aluminium. Virus yang menempel pada bahan aluminium dapat bertahan hingga 2-8 jam.

Di kertas, virus dapat bertahan 4-5 hari. Padahal di rumah kita ada buku yang bahannya dari kertas, mungkin juga kertas-kertas kerja dari kantor, kertas gambar anak, majalah, koran dll. Buku tabungan juga dari kertas bukan? Ngeri…. ngeri kalo liatin saldonya. Hehehe

Pada besi, baja anti karat dan plastik, virus bertahan selama 2-3 hari. Besi dan baja anti karat dapat kita temui di pagar rumah, alat-alat tukang kita dll. Nah plastik ini bertebaran pasti di rumah. Mulai sendok, gelas, piring, plastik belanja, kipas anginmu mungkin bahan dasarnya plastik, dll. Khususnya pada plastik, virus corona bisa 5 hari bertahan meski ini adalah kasus khusus.

Di rumahmu ada kardus? Pasti ada. Mungkin banyak. Pada kardus, virus dapat bertahan 24 jam. Sedangkan pada bahan tembaga, virus dapat bertahan 4 jam. Kalau tembaga mungkin rada jarang ada di rumah kita sih. Apalagi sarung tangan medis, pasti jarang ada di rumah kecuali kalo kamu bekerja di bidang kesehatan. Nah Corona dapat bertahan 8 jam pada sarung tangan medis mu itu.

Kamu gak perlu risau. Cukup bersihkan dengan disinfektan secara rutin agar corona menghilang dari perabotan rumah kamu. Tetap jaga kebersihan, jaga jarak dan selamatkan sesama.

1 thought on “Virus Corona Dapat Bertahan Cukup Lama Di Perabot dan Material Rumah Kamu

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.