Sebenarnya udah sejak tahun 2019 sih bahwa Rencana Tata Ruang (RTR) dapat diakses melalui online. Layanan ini merupakan kerja keras Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). ATR/BPN menyebutnya GISTARU, yang berasal dari kata Geographical System Tata Ruang atau Sistem Informasi Geografi tentang Tata Ruang.

GISTARU ini adalah dapat kita gunakan untuk berbagai informasi dokumen RTR berbasis peta yang tentu milik ATR/BPN. Informasi RTR Nasional dan Daerah dapat diakses bebas oleh kita. Untuk RTR Nasional kita dapat melihat Peta RTR Nasional, Peta RTR Wilayah Pulau serta Peta RTR Kawasan Strategis Nasional. Untuk RTR Daerah, kita dapat mengakses mengenai Peta RTR Wilayah Provinsi, Peta RTR Kabupaten, Peta RTR Wilayah Kota, dan Peta Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Contoh Peta RTR pada GISTARU

Peta-peta tersebut dapat membantu kamu sebelum mengakuisisi lahan untuk dikembangkan jadi perumahan, apartemen atau perkantoran bukan? Buat kamu yang mau beli properti baik ditinggali atau untuk investasi, tak ada salahnya juga mengakses GISTARU biar gak salah beli.

Untuk GISTARU ini dapat kamu akses di http://gistaru.atrbpn.go.id/rtronline/ . Begitu kamu membuka laman tersebut, kamu akan diminta membaca dan menyetujui disclaimer. Baca perlahan dan pahami. Baru klik centang dan klik tombol OK sebagai tanda kamu setuju.

Sebelum menggunakan peta, kamu akan dipandu oleh GISTARU dalam penggunaan peta RTR. Jadi memudahkan kita memahami dan mendapatkan informasi yang diinginkan. Cobain yuk!


1 Comment

Review GISTARU, Peta Online BPN Untuk Cek Tata Ruang | Yuk Bisnis Properti · March 29, 2020 at 07:39

[…] Udah Tau Belum Kalau Rencana Tata Ruang Dapat Diakses Secara Online? […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *