Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membuat sistem informasi yang mendata developer properti di seluruh Indonesia yang bergabung dengan asosiasi developer properti. Sistem informasi itu bernama SIRENG – Sistem Regristasi Pengembang. Cek saja di https://sireng.pu.go.id/ .

Selain untuk mendata pengembang properti, SIRENG ini menjadi syarat untuk mendapatkan fasilitas kredit pemilikan rumah dari bank. Jadi ketika ada konsumen membeli properti di proyekmu dan mau menggunakan fasilitas KPR, maka bank akan melakukan pengecekan di sistem informasi SIRENG. Kalau perusahaanmu ada di dalam SIRENG dan tidak kena black list, maka bank akan mengucurkan KPR konsumen ke rekening perusahaanmu.

Jadi kamu sebagai developer properti di era milenial ini, kamu wajib menjadi anggota asosiasi developer properti. Tentu saja menjadi anggota asosiasi yang resmi diakui oleh pemerintah.

Dulu kita-kita mengenal REI (Real Estate Indonesia) dan APERSI (Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia) saja. Namun sekarang banyak asosiasi developer properti lainnya yang diakui oleh pemerintah. Sebut saja sebagian di antaranya PERWIRANUSA, DEPRINDO, ASPRUMNAS dll. Bahkan sudah ada Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI).

Untuk mendaftar, sebaiknya kamu persiapkan beberapa syarat berikut ini. Lalu menghubungi asosiasi developer properti yang kamu minati untuk bergabung.

  1. Pasphoto Direktur Utama, ukuran 4 x 6 : 2 buah
  2. Fotocopy KTP Direktur Utama
  3. Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan / akte perubahan yang menyebutkan bidang usaha Realestat / sebagai pengembang
  4. Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  5. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP )
  6. Fotocopy Surat Ijin Usaha Perdagangan ( SIUP )
  7. Fotocopy Tanda Daftar Perusahaan ( TDP )
  8. Susunan Dewan Komisaris / Direksi ( Nama & Jabatan ) serta struktur Organisasi Perusahaan
  9. Mengisi biodata perusahaan & data proyek yang telah dikerjakan / rencana proyek yang akan dikembangkan
  10. Rekomendasi dari anggota yang telah aktif di asosiasi
  11. Iuran Anggota

Ayo coba cek nama perusahaanmu di SIRENG. Udah ada? Kalau belum, saatnya kamu bergabung ke salah satu asosiasi developer properti di Indonesia.


1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *