Nyaris satu dekade lalu Uni Arab Emirat (UAE) berhasil mendirikan Burj Khalifa sebagai bangunan paling jangkung sejagad raya.

Burj Khalifa yang bertempat di Dubai sendiri adalah sebuah gedung pencakar langit yang ,berkategori megatall lantaran memiliki ketinggian lebih dari 500 meter. Mencakup 163 lantai, gedung ramping ini menjulang dengan ketinggian 828 meter.

Persaingan gedung pencakar langit di wilayah Timur Tengah semakin panas. Arab Saudi yang berhasrat untuk mematahkan rekor Burj Khalifa hingga detik ini belum menunjukkan taringnya.

Pada 2012 lalu negeri monarki ini baru sanggup mendirikan Makkah Royal Clock Tower setinggi 601 lantai yang berisi 122 lantai

Sementara Jeddah Tower yang digadang-gadang akan mematahkan rekor Burj Khalifa tidak diketahui kabar perkembangannya hingga detik ini.

Menurut Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH) proyek ini masih dalam konstruksi atau under construction sedangkan laman resmi Jeddah Tower hanya terdapat foto areal konstruksi yang telah berusia lima tahun

Gedung Pencakar langit ini yang juga dikenal dengan sebutan Kingdom Tower ini didesain setinggi 1.000 meter atau 1 kilometer.

Jeddah Tower ini mulai dibangun pada 2013 lalu oleh Jeddah Economic Company selaku pemilik. Gordon Gill dan Adrian Smith lah yang ditunjuk sebagai arsiteknya.

Berikut persaingan antara UAE dan Arab Saudi:

Arab Saudi

1. Saat ini sedang membangun Jeddah Tower yang ditujukan untuk mengalahkan rekor Burj Khalifa dengan rancangan setinggi 1 kilometer atau 1.000 meter.

2. Memiliki hanya dua supertall  Burj Rafal dan Kingdom Center masing-masing menjulang 307,9 meter dan 302,3 meter.

3. Memiliki satu megatall Makkah Royal Clock Tower setinggi 601 meter. 

4. Proyek supertall lainnya yang tengah dalam tahap konstruksi adalah Diamond Tower setinggi 432 meter yang mencakup 93 lantai.

UAE

1. Saat ini sedang membangun 8 supertall dan diperkirakan selesai dalam tiga tahun ke depan. Kedelapan supertall tersebut adalah Uptown Tower, Ciel Tower, Il Primo Tower 1, A tower, One Zaábeel Tower 1, Adventz Tower 1, Al Wasi Tower, dan Jumeirah Gate.  

2. Memiliki 28 pencakar langit kategori supertall atau ketinggian 300 meter lebih. Dua di antaranya menjulang di atas 400 meter yakni Marina 101 dan Princess Tower.

3. Memiliki satu megatall  bernama Burj Khalifa setinggi 828 meter yang hingga kini masih memegang rekor sebagai pencakar langit tertinggi di dunia.


Sumber: https://properti.kompas.com/read/2020/01/16/070000421/perang-sengit-pencakar-langit-uae-ungguli-arab-saudi?page=all#page2


Foto: https://www.pexels.com/photo/timelapse-cityscape-photography-during-night-time-599982/


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *