Sudah berlalu 18 bulan lebih pergelaran pesta akbar multi event Asian Games XVIII dan Para Games 2018.

Meskipun begitu, Sekretariat Negara (Setneg) masih memegang Wisma Atlet Kemayoran sebagai sarana pendukung yang sedianya akan dimanfaatkan sebagai hunian bagi Aparatur Sipil Negara (AS), dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Tanggung jawab pemeliharaan ada di bawah kendali Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selama keputusan untuk memfungsikan Wisma Atlet Kemayoran sebagai hunian ASN dan MBR belum terbit.

Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR menyebutkan Kementerian PUPR pemeliharaaan bangunan harus terus dilakukan, lantaran Wisma Atlet Kemayoran merupakan aset negara.

 “Jadi masih di bawah pemeliharaan PUPR. Karena harus dipelihara kalau tidak, bagaimana (jika rusak). Karena, itu asetnya Setneg,” ungkap Basuki setelah meninjau proyek pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Jumat, (24/1/2020).

Basuki sendiri pun juga belum tahu mengenai nasib dari Wisma Atlet tersebut apakah akan digunakan sebagai tempat tinggal untuk ASN, disewakan untuk masyarakat, atau nantinya akan dijual per unit rumah.

Saat ini fungsionalisasi wisma atlet tersebut, menurut dia, masih dibahas oleh Setneg. “Ya, makanya belum diputuskan mau disewakan atau mau dijual itu belum diputuskan. Karena, yang mutuskan itu Setneg,” ungkap Basuki.

Sebelumnya dikabarkan, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR siap melakukan serah terima aset bangunan Wisma Atlet Kemayoran kepada Setneg.

Untuk itu, Setneg dan Kementerian PUPR sedang melakukan pendataan aset yang ada di Wisma Atlet Kemayoran.

Proses penyusunan berkas administrasi dilakukan mungkin, yang kemudian dilakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk mempercepat proses serah terima aset Barang Milik Negara (BMN) tersebut.


Sumber:  https://properti.kompas.com/read/2020/01/25/120322521/nasib-wisma-atlet-kemayoran-ada-di-tangan-setneg


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *