Kebutuhan manusia meliputi banyak hal seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Salah satunya ialah rumah. Bukan hanya mereka yang sudah berkeluarga akan tetapi semua orang tentu berharap bisa memiliki rumah yang bagus dan nyaman. Dalam hal tersebut, tentunya harus mengetahui hal hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah.

Banyak orang yang tergesa – gesa dalam membeli rumah karena terlalu besarnya keinginan mereka untuk memiliki rumah. Terutama bagi mereka yang pertama kali membeli rumah.

Bebeda dengan jenis properti lainnya, rumah memiliki banyak pertimbangan yang harus diperhatikan, seperti dilansir dari CNBC, antar lain:

  1. Kemampuan Financial

Sebelum membeli rumah ada baiknya mempertimbangkan kebutuhan finansial anda dan memilih rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan yang anda miliki. Terutama, yang harus diperhatikan yaitu berapa penghasilan perbulan, berapa biaya kebutuhan per bulan, dan berapa banyak anda menabung setiap bulannya karena dengan hal tersebut dapat membantu anda untuk memilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan

2. Mempertimbangkan kemampuan

Dalam membeli rumah secara kredit jangan sampai cicilannya membebani kebutuhan bulanan. Perlu diingat, kebutuhan bulanan tiap bulan tidak hanya untuk membayar cicilan rumah saja tetapi masih ada kebutuhan yang lainnya seperti air, listrik, asuransi dan lainnya.

Jangan memaksakan kehendak ingin memliki rumah yang mewah akan tetapi, penghasilan tidak mencukupi.

3. Memiliki Dana Simpanan

Dana simpanan sangat penting bagi anda yang membeli rumah. Dengan dana ini, bisa menjadi penyelamat ketika ada kerusakan pada rumah seperti atap bocor, peralatan rusak atau perbaikan yang membutuhkan dana. Selain itu, jika membeli rumah secara kredit anda harus memperhatikan biaya tambahn di dalamnya seperti, materai, biaya notaris, pajak properti dan lainnya.

4. Memilih Developer Terpercaya

Banyak kasus yang terjadi ketika pembelian rumah. Dimana, konsumen banyak dirugikan oleh pengembang. Misalnya, rumah yang jadi tidak sesuai dengan keinginan konsumen dan dengan biaya yang tinggi. Ada baikknya, sebelum membeli rumah anda mengecek status developer, rekam jejak, banyaknya proyek dan pengalaman yang mereka kerjakan.

5. Melihat Kondisi Lingkungan

Lingkungan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam membeli rumah. Tentunya anda ingin membeli rumah yang dekat dengan akses jalan besar agar mudah ketika bepergian. Perhatikan fasilitas yang ada disekitar rumah seperti rumah sakit, sarana pendidikan hingga supermarket atau warung untuk  memenuhi kebutuhan sehari – hari

Sumber : Kompas.com


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *