Untuk mengamankan rumah, tak sekedar lagi satpam di komplek, apalagi hanya sekedar kunci atau gembok saja. Closed Circuit Television (CCTV) sudah menjadi pilihan yang semi wajib bagi Anda yang membutuhkan rasa aman yang lebih. CCTV adalah kamera yang dipasang di rumah Anda untuk merekam kejadian yang ada di rumah sehingga bila terjadi pencurian atau pembobolan, video yang terekam dalam menjadi alat bukti yang membantu penegak hukum menemukan si pelaku.

CCTV terdapat beberapa macam jenis dan memiliki berbagai fitur yang berbeda satu sama lain. Jenis, fitur, paket bisa membingungkan bagi orang awam. Nah simak beberapa hal berikut sebelum memilih CCTV.

CCTV Kabel atau Wireless

CCTV terdapat jenis yang menggunakan kabel dan tanpa kabel alias wireless. CCTV dengan kabel umumnya membutuhkan alat untuk merekam dan menyimpan video yang bernama DVR (Digital Video Recorder) dan tentu saja kabel yang bisa jadi sangat panjang dari CCTV ke DVR. Namun gambar yang dihasilkan lebih stabil karena sinyal kabel jauh lebih baik dibanding wireless. Sayangnya untuk pemasangan tidak begitu mudah. Mungkin membutuhkan orang yang lebih ahli untuk hal ini.

Sedangkan kebalikkannya adalah CCTV wireless. Untuk power, CCTV wireless bisa menggunakan baterai atau jaringan listrik, namun untuk perekaman dia hanya membutuhkan SD Card (Secure Digital Card) atau dikenal memory card. Harganya jauh lebih murah karena kamera sekaligus perekam video. Pemasangan juga jauh lebih mudah. Namun gambar yang dihasilkan biasanya masih kurang begitu bagus. Tapi sudah cukup memadai untuk kebutuhan pengamanan standar.

CCTV Indoor atau Outdoor

CCTV juga ada untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. CCTV outdoor karena dirancang untuk luar ruang, diproduksi untuk tahan cuaca. Keduanya dibutuhkan karena kita perlu merekam dari luar ruang dan dari dalam ruang. Yang penting jangan sampai terbalik, CCTV indoor dipasang pada outdoor atau sebaliknya.

Direkam di Lokal Memory atau Virtual

Untuk merekam dan menyimpan video dari CCTV dibutuhkan DVR. DVR ini memiliki harddisk atau memory card untuk menyimpan hasil rekaman video. Makin besar kapasitasnya, tentu makin mahal. Opsi yang murah adalah memancarkan CCTV melalui online dan dapat diakses dengan smartphone Anda. Bila dana lebih, kami menyarankan untuk menggunakan keduanya baik DVR maupun broadcast online.

Harga dan Biaya Pemasangan CCTV

Membeli perangkat CCTV bukan hanya kamera saja. Anda membutuhkan DVR untuk merekam dan menyimpan, powersupply, kabel khusus CCTV, TV monitor dan cara mensetting CCTV. Anda bisa saja membeli sendiri dan memasangnya sendiri. Tapi banyak juga yang menawarkan paket CCTV yang sudah berikut biaya pemasangan. Yang terpenting adalah memperhatikan kebutuhan jumlah kamera di rumah Anda, besarnya memory penyimpan rekaman dan tentu saja budget.

Itu tadi tips sebelum membeli CCTV. Kalau tips untuk membeli atau menyewa rumah cuma 1 aja, hubungi Regina Realty, agen properti terbaik. Visit http://ReginaRealty.co.id. We Do Your Homework.


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *