Pembeli properti punya kesenangan tersendiri. Ada yang suka dengan rumah yang baru, modern, minimalis dan siap huni. Ada yang lain yang lebih suka dengan rumah yang tua, yang punya karakter yang berbeda dari rumah-rumah yang ada di pasaran. Dan jika Anda menyukai rumah yang bersejarah atau memiliki sejarah, maka Anda perlu pertimbangkan faktor-faktor berikut ini :

Memiliki Keterbatasan

Banyak di kota di Indonesia yang menerapakan peraturah atas properti bersejarah yang antara lain ditetapkan untuk melestarikan dan melindungi nilai sejarah atas properti tersebut. Biasa disebut Cagar Budaya.

Akibatnya, merenovasi, merubah properti berejarah tersebut, terkhusus pada fasad bangunan memerlukan persetujuan dari pemerintah daerah setempat. Konsekuensinya proses persetujuannya menjadi lebih panjang. Bahkan mungkin Anda tidak dapat merenovasi sesuai keinginan.


Aksitektur masa lalu lebih menantang dan mungkin mahal

Bisa dibayangkan kalau properti bersejerah telah berusia lebih dari 100 tahun. Bisa jadi material bangunan yang digunakan sudah tidak tersedia di masa sekarang. Misalnya saja ornamen-ornamen tambahan yang sudah tidak diproduksi lagi. Apabila ada ornamen yang rusak dan perlu diganti, maka biaya penggantiannya bisa mahal. Karena barangnya sudah langka dan bila diproduksi lagi tentunya biayanya produksinya juga tinggi karena tidak diproduksi secara masal. 

Biaya Perawatan Juga Lebih Tinggi

Seperti halnya mesin yang sudah tua, bangunan yang sudah tua juga memiliki biaya perawatan yang cukup tinggi. Apalagi Anda akan memiliki keterbatasan untuk melakukan renovasi besar karena harus tunduk dengan regulasi pemerintah. Dengan demikian Anda harus siap untuk mengatasi masalah yang mungkin akan muncul.

Rumah bersejarah memang digemari oleh penggemar sejarah. Penggemar sejarah seharusnya tidak terbatasi oleh kendala-kendala yang mungkin akan muncul di atas dan tentunya juga tidak terbatasi oleh uang untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Karena rumah bersejarah memiliki nilai investasi yang tinggi, artistik yang menarik dan kebanggaan atas kepemilikan unit tersebut.

Nah kalau mau jual beli atau sewa properti baik bersejarah ataupun yang baru, kontak aja Regina Realty. We Do Your Homework. Visit http://ReginaRealty.co.id


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *