Seorang anak berkeinginan membantu orang tuanya yang terlilit hutang di bank dengan jaminan rumahnya. Sang anak bermaksud membayar tagihan dan keluarga besarnya bersepakat bahwa rumahnya kelak menjadi milik sang anak. Daripada terlanjur disita dan dilelang. Bagaimana mengamankan transaksi si anak dengan bank? Bisakah transaksi dengan orang tua dengan metode hibah?

Untuk mengamankan aset dengan transaksi properti oleh sang anak, maka dapat ditempuh dengan beberapa cara yang legal.

Antara lain :

  1. Oper kredit melalui bank
  2. Pelunasan kredit di bank

Oper Kredit Melalui Bank

Si anak dapat mengajukan kredit baru untuk membeli properti milik orang tua. Dengan adanya kredit baru diharapkan dapat melunasi hutang orang tua, melakukan roya atas properti yang diagunkan dan bertransaksi jual beli dengan orang tua. Perhatikan biaya-biaya yang mungkin akan timbul seperti biaya akad kredit, biaya jual beli termasuk di dalamnya pajak-pajak jual beli.

Dengan skema oper kredit bank, memungkinkan opsi novasi hutang atau pengalihan kewajiban hutang orang tua ke anak. Namun untuk opsi novasi hutang, lebih jelasnya langsung dengan pihak perbankan apakah memungkinkan.

Pilihan oper kredit bank juga bisa dilakukan dengan melanjutkan pembayaran hutang yang tertunda dan angsuran berikutnya oleh sang anak. Untuk memperkuat transaksi bahwa nantinya rumah menjadi milik sang anak, perlu perjanjian perikatan jual beli oleh notaris apabila nanti kredit telah lunas, maka akan dibaliknama kepada sang anak.

Pelunasan kredit di Bank

Berbeda dengan oper kredit, di sini maka si anak melunasi hutang bank orang tua. Kemudian melepaskan royanya. Langkah berikutnya setelah pelunasan kredit ada 2 pilihan yakni transaksi jual beli atau hibah.

Transaksi jual beli berarti si anak membeli rumah dari orang tuanya, sedangkan hibah berarti orang tua menghibahkan rumahnya kepada si anak. Perhatikan biaya-biaya yang mungkin muncul dengan adanya jual beli dan bandingkan dengan biaya-biaya yang mungkin muncul dengan adanya hibah. Pertimbangkan dengan baik-baik.

Maka untuk melunasi hutang bank KPR orang tua dan mengalihkan aset properti kepada si anak terdapat beberapa cara yang bisa ditempuh. Yang membedakan adalah cara, waktu dan biaya yang mungkin akan muncul. Kalau urusan jual beli sewa properti cuma 1, yakni ke Regina Realty, agen properti terbaik. Visit http://ReginaRealty.co.id, We Do Your Homework.


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *