Apakah Saya Membutuhkan Agen Real Estate? Setiap pembeli rumah diperbolehkan untuk membeli rumah tanpa agen properti. Demikian pula dengan pemilik rumah yang juga diperbolehkan untuk menjual sendiri rumahnya melalui marketplace, iklan koran atau spanduk yang bertuliskan “TANPA PERANTARA”. Tapi sebenarnya butuh agen properti gak sih untuk jual beli atau sewa rumah?

Pertama-tama perlu kita ketahui apa saja yang menjadi pekerjaan seorang agen properti. Kita mungkin berpikir bahwa agen properti hanya melihat listing rumah, mendokumentasi foto atau video rumah, memasarkan properti melalui sosmed, marketplace dll. Seolah-olah hal ini sangat mudah dilakukan oleh pemilik properti. Ya benar memang sangat mudah.

Tetapi ternyata seorang agen properti tidak hanya melakukan sesederhana itu. Dia harus mampu menggali alasan mengapa properti tersebut dijual, memetakan lingkungan sekitar dan membuat deskripsi tentang properti didukung gambar atau video yang menarik. Serta seorang agen properti biasanya tidak hanya mengandalkan satu marketplace tapi beberapa marketplace sehingga daya sebarnya jauh lebih luas daripada dikerjakan sendiri oleh pemilik.

Sedangkan bila agen properti bertemu calon pembeli, dia akan berusaha memberikan properti yang sesuai dengan kebutuhan kita, mampu menghitung perkiraan kemampuan kita membeli properti melalui KPR dari bank.

Agen properti tak sekedar menjual rumah dan menemukan rumah untuk kita. Tapi juga akan menjadi penengah transaksi yang akan menjaga keamanan transaksi properti bagi kedua belah pihak. Dia tahu persis apa yang harus disampaikan atau yang dikecualikan dalam penawaran properti. Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pembeli dan penjual properti.

Seorang agen properti yang profesional juga mengetahui area yang dipasarkannya, nuansa lingkungannya, sekolah dan tempat-tempat penting di area tersebut. Agen properti juga memiliki hubungan yang baik dengan pihak-pihak yang terkait dengan transaksi properti baik itu adalah seorang notaris, pihak bank, pegawai pemerintah dll.

Bahkan agen properti juga dituntut memiliki relasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan bangunan misalkan arsitek, desain interior, kontraktor, pemborong sehingga apabila properti yang dipasarkan membutuhkan perbaikan, maka dapat dilakukan dengan segera.


Untuk keahlian dan relasinya, pemilik properti yang menjual atau menyewakan propertinya akan membayar komisi penjualan atau komisi sewa kepada agen properti. Pembeli properti terkadang juga membayarkan komisi atas bantuan agen properti.

Anda mungkin akan menghemat biaya dengan tidak menggunakan agen properti sebagai penengah transaksi kita. Tapi Anda butuh waktu yang jauh lebih lama untuk mengenali lingkungan dan memperlajari transaksi.

Kesimpulannya adalah kita sebagai penjual atau pembeli properti membutuhkan agen properti sebagai penengah transaksi kita. Dan kita tau siapa agen properti terbaik, yakni Regina Realty – We Do Your Homework, yang telah berpengalaman dalam transaksi properti sejak 2003. Kunjungi http://ReginaRealty.co.id


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *