Jualan itu mirip bertani. Sulit membayangkan hari ini menanam, besok sudah bisa panen. Secanggih apapun teknologi yang digunakan. Sekanan apapun cara otak kita berpikir.

Ada fase-fase yang harus dilalui. Ini semua investasi. Baik dalam bentuk usaha dan biaya, maupun konsistensi (mental). Termasuk di dalamnya adalah belajar.

Prosesnya panjang. Coba saja kita reka urutan fase dalam menanam padi :

  1. Pembibitan
  2. Penyiapan lahan
  3. Pengairan
  4. Penanaman
  5. Pemupukan
  6. Pengendalian hama
  7. Panen

Kurang lebihnya begitu.

1-5 adalah masa edukasi, awareness building, trust building, dan list building. Nomor 6 adalah handling objection. Nomor 7 baru conversion atau closing. Itupun ada caranya. Jika terlalu cepat atau malah terlambat, produksi bisa berkurang.

Cocokologi ini belum tentu benar. Tapi andai mengandung kebenaran, artinya adalah sebagai pemasar kita perlu punya stok sabar. Buat skenario dengan baik. Ujung dan pangkalnya harus jelas. Mau mulai dari mana dan menuju ke mana.

Demikian. Wallahu a’lam.

Zidni Ilman

Presiden Yukbisnisproperti


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!

Categories: Marketing

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *