Dalam satu bisnis pengembang properti atau lebih khusus, dalam proyek pengembang properti tidak dapat dipungkiri bahwa CASHFLOW adalah PANGLIMA PROYEK.. Cashflow adalah DARAH PROYEK..

Cashflow lancar maka PANGLIMA proyek kuat begitu juga DARAH mengalir mengaktifkan segala organ..

Namun bila CASHFLOW macet, atau tidak lancar maka dapat dibayangkan juga apa yang akan terjadi pada proyek sebab proyek pengembang properti sangat padat modal dan PENUH GERAKAN.

CASHFLOW terdiri dari CASH IN dan CASH OUT. CASH IN bisa terdapat dari PENJUALAN, kredit perbankan maupun lembaga non perbankan atau dari private Investor.

Apabila CASH-IN PENJUALAN lancar maka 1(satu) proyek tentu kuat tanpa perlu mendapat dukungan CASH IN- kredit perbankan maupun lembaga non perbankan atau dari private Investor tetapi masalahnya bukan di sini.

Masalahnya adalah apabila ingin berekspansi bersifat LONCATAN maka CASH-IN PENJUALAN tidak akan kuat menopang LONCATAN itu. Loncatan PEMBEBASAN LAHAN secara besar-besaran dan menangkap CASH-IN penjualan secara RAKSASA.

Maka dengan kata lain CASH IN-PENJUALAN yang lancar dan kuat mampu membuat 1(satu) proyek berhasil tetapi BELUM MAMPU membuat bisnis pengembang properti MELONCAT.

Maka, mau tidak mau sumber CASH-IN lain selain penjualan harus diterapkan seperti kredit perbankan maupun lembaga non perbankan atau dari private Investor.

Sambil mengontrol CASH-IN dan CASH-OUT maka kita ciptakan CASHFLOW yang KUAT , yang SEHAT sehingga PANGLIMA PROYEK tetap berjaya dan DARAH PROYEK mengalir deras untuk BERLARI.

Bila CASH-IN selain PENJUALAN cukup berat untuk mendukungmu seperti dari segi waktu, jumlah pendanaan maupun segi bagi hasil yang mungkin kurang sinkron maka JANGAN BERHENTI!!!

Ciptakanlah CASH IN milikmu sendiri (selain penjualan) sehingga engkau sepenuhnya PEGANG KENDALI. Kau pegang kendali CASH IN, kau MELONCATKAN bisnis!

Penulis : Riska | Owner Hekayana | Hekaland.com

Categories: Blog Properti

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *