Sebagai portal properti terdepan di Indonesia, Rumah.com selalu berusaha membantu jutaan masyarakat Indonesia dalam menemukan properti yang tepat dan harga yang akurat. Upaya tersebut direalisasikan dengan hadirnya aplikasi Property Index (RPI) yang diluncurkan sejak Maret 2017.

Kami mengamati pasar properti di seluruh Indonesia dengan beragam jenisnya di semua lokasi, dan menyajikan tinjauan yang bermanfaat mengenai harga hunian di seluruh nusantara. RPI membantu para pencari hunian menemukan rumah idamannya berdasarkan referensi harga yang wajar sesuai dengan sentimen pasar. RPI menyajikan informasi properti secara komprehensif, mulai dari lokasi properti favorit konsumen, hingga ke harga hunian baik perumahan maupun apartemen di Indonesia.

Data yang telah dikumpulkan oleh Property Index ini sendiri merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti yang diakses 3,4 Juta pengunjung setiap bulan. Jadi konsumen bisa tahu timing buyer, kenapa harga turun, hingga penyebab yang mendasarinya. Property Market Index Kuartal II 2019 Tren harga properti residensial berdasarkan data Rumah.com Property Index untuk kuartal kedua (Q2) 2019 menunjukkan kenaikan, baik secara kuartalan maupun tahunan. Laju kenaikan harga properti masih belum terhenti sejak pemulihan menjelang pertengahan tahun lalu.

Index menunjukkan harga properti pada Q2 2019 berada pada titik 112,0 atau naik 2,17% secara kuartalan (quarter-on-quarter/q-o-q). Kenaikan ini lebih baik jika dibandingkan dengan kenaikan pada kuartal sebelumnya, yang hanya 0,8%.

Sementara itu, harga properti secara tahunan (year-on-year/y-o-y) berdasarkan Index adalah sebesar 6%. Kenaikan ini juga lebih baik jika dibandingkan kenaikan tahunan pada kuartal sebelumya, sebesar 5%.

Pasar properti DKI Jakarta menunjukkan geliat setelah sempat stagnan dalam satu tahun terakhir. Rumah.com Property Index mencatat indeks harga properti di DKI Jakarta berada pada angka 131,1 atau naik 2% (q-o-q). Kenaikan ini di atas rata-rata kenaikan per kuartal sepanjang 2018, sebesar 0,2%.

Property Index kuartal pertama (Q1) 2019 dari sisi harga yang ditawarkan penjual secara nasional berada pada angka 109,6. Naik tipis dan mempertahankan tren positif yang tercipta sejak satu tahun terakhir. (Sumber : Rumah.com)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *