Kita sering denger istilah townhouse atau malah tidak mengetahui sama sekali? Tapi kami yakin, sebagai orang properti dan melek tentang properti, Anda pasti pernah dengar dan bahkan mengetahui apa itu townhouse.

Sekedar mengingatkan kembali, bahwa townhouse adalah sebuah komplek kecil yang berisi rumah-rumah yang tidak banyak. Kategori tidak banyak ini sebenarnya normatif. Tapi untuk memudahkan, kita sepakati bahwa komplek rumah yang berisi tak lebih dari 30 unit, kita sebut townhouse.

Townhuse biasanya sih memiliki lingkungan yang tertutup dan memiliki fasilitas bersama-sama seperti kolam renang, club house atau ruang terbuka. Mirip-mirip fasilitas yang ada di apartemen sehingga townhouse ini semacam rumah rasa apartemen.

Kata townhouse sendiri asal muasalnya dari kata row house atau rumah bandar dari Amerika Serikat. Kenapa menjadi townhouse, karena untuk kebutuhan promosi kala itu. Rumah-rumahnya memiliki ruang parkir di bawah hunian.

Di Indonesia, tahun 90an mulai tren yang namanya townhouse. Meski meniru, tapi tak sepenuhnya sama karena townhouse-townhouse yang dibangun di Indonesia tak memiliki ruang parkir di bawah hunian, tapi disediakan carport. Kala itu yang dibidik adalah kalangan ekspatriat yang bekerja di Indonesia.

Di Jakarta, area favorit para pengembang townhouse adalah Jakarta selatan. Serasa Jakarta Selatan identik dengan townhouse karenanya. Coba deh keliling Jakarta, daerah mana yang kerap dibangun townhouse. Jakarta Selatan bukan?

Mengapa townhouse banyak terdapat di dekat pusat kota? Ini karena memanfaatkan lahan yang relatif tidak besar untuk dikembangkan menjadi perumahan. Karena lahan yang besar, relatif sudah sangat jarang berada di tengah kota.

Namun ada juga pengembang yang menamai proyeknya dengan embel-embel townhouse meski lokasinya jauh dari pusat kota dan memiliki unit yang banyak. Namanya juga promosi. Tentu saja memberikan nama townhouse berharap market menjadi berminat. Apalagi harga dan fasilitasnya bersaing.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang townhouse yang kami dapatkan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat. Kalau mau investasi membeli townhouse, jangan lupa ke Regina Realty ya. Sebagai agen properti terbaik, We Do Your Homework. Kami bantu mewujudkan impian Anda. Visit ReginaRealty.co.id


Ribuan orang telah bergabung dengan komunitas YukBisnisProperti.org. Sekarang giliran Anda. Dapatkan FREE EBOOKS dan KESEMPATAN untuk bergabung dalam bisnis dan investasi properti dari rekanan YukBisnisProperti.org. Join segera!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *