Hujan mulai mengguyur Indonesia dan Jakarta pada khususnya. Bakal timbul masalah-masalah yang baru dengan adanya musim hujan ini, mulai dari serangan banjir, penyakit akibat perubahan musim dan tentu masalah-masalah yang timbul di rumah Anda.

Rumah modern memang lebih awet dan jauh dari masalah kerusakan, tapi tetap penting merawat rumah apalagi di musim hujan. Di musim penghujan ini, ada baiknya cek beberapa bagian berikut dari rumah Anda

Cek Bagian Atap

Panas terik dan hujan serta angin dapat merubah susunan atap rumah Anda. Bisa jadi pecah, merosot atau rusak. Bila ini terjadi, resiko kebocoran di rumah Anda pada saat hujan akan meningkat. Anda bisa membenahi letak atap, menambal kebocoran dengan cat pelapis anti bocor atau mungkin mengganti atap yang rusak dengan yang baru.

Cek Bagian Talang

Talang air pada rumah kerap tidak menjadi perhatian. Tapi khususnya di musim penghujan, sebaiknya talang menjadi bagian yang perlu diperhatikan. Perhatikan apakah talang mampu menampung dan menyalurkan debit air hujan yang jatuh di atap Anda. Apalagi bila di sekitar rumah Anda banyak pepohonan yang bisa saja daun-daunnya yang berguguran menjadi penghambat laju air di talang Anda.

Cek Bagian Kerpus

Kerpus atau bubungan berpotensi retak karena panas terik dan air hujan yang bisa menjadi biang dari kebocoran. Bila terjadi retak, ada baiknya Anda plester ulang dan diberi pelapis anti bocor.

Cek Bagian Dinding Yang Berbatas Dengan Luar

Mungkin di rumah Anda terdapat dinding yang berbatasan dengan halaman luar. Maka dinding bagian luar rumah Anda berpotensi mendapat hempasan langsung air hujan. Sebaiknya perlu dirawat dengan cat dan pelapis anti bocor agar dinding dalam tidak lembab akibat terkena air hujan terus menerus.

Cek Pintu dan Jendela Kayu

Pintu dan jendela kayu berpotensi memuai pada saat musim hujan. Bila memuai, pintu dan jendela bisa saja menjadi susah dibuka. Bila pemuaian kayu melampui batas toleransi, ada baiknya Anda mengganti dengan kayu yang lebih baik. Bila pemuaian masih dalam batas wajar, Anda cukup dengan merawatnya saja.

Cek Saluran Air Dan Selokan

Air hujan yang jatuh ke halaman rumah ada yang dibuang di sumur resapan, tapi ada juga yang akan mengalir ke saluran air yang membawa ke selokan lingkungan. Cek apakah terdapat penyumbatan. Sebaiknya selokan dibersihkan dari kotoran dan tanah yang mengendap di bawah.

Cek Pohon dan Tanaman Di Sekitar Rumah

Musim hujan kadang disertai dengan angin yang kencang. Hal ini bisa merusak dan menumbangkan tanaman dan pepohonan di sekitar rumah Anda. Lakukan pemangkasan seperlunya agar tidak berpotensi tumbang.

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Nah rawatlah rumah Anda agar terhindar dari kendala-kendala di musim hujan. Kalau jual beli sewa properti, sebaiknya ke ReginaRealty.co.id, agen properti terbaik, We do your homework!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *