Musim hujan sudah masuk lagi nih. Sirkulasi udara yang kurang dan suasana yang lembab akan membuat dinding di rumah jadi rawan dari serangan jamur. Jamur di dinding juga bisa disebabkan oleh rembesan air hujan atau kebocoran.

Dinding yang terkena serangan jamur akan menghitam dan tentu saja tidak sedap dipandang mata. Bau yang ditimbulkannya pun tak sedap. Ada juga yang alergi terhadap jamur dinding. Dan jangan sampai tamu Anda atau saudara Anda menganggap Anda lalai dengan kebersihan rumah.

Sebaiknya segera hilangkan jjamu dengan larutan penghilang jamur yang dapat Anda beli di toko bahan bangunan atau Anda bisa meramu sendiri. Simak caranya ya :

  • Siapkan ember kecil, semprotan air, karbol atau pemutih, kain lap atau spon atau sikat, masker dan sarung tangan.
  • Gunakan masker dan sarung tangan sebelum meramu larutan.
  • Campurkan karbol atau pemutih dengan air dengan perbandingan 1 : 3, yakni karbol atau pemutih 1 dan 3 air. Misal karbol atau pemutih 100 ml, maka air sebanyak 300 ml.
  • Semprotkan larutan tersebut ke dinding yang berjamur kemudian gosok sampai jamur menghilang. Anda bisa menggosok dengan kain, spon atau sikat halus.
  • Keringkan dengan kain lap kering

Nah sekarang perhatikan dinding Anda, jauh lebih bersih bukan? Tapi tindakan ini sifatnya hanya sementara. Biang keladinya masih belum bisa teratasi. Maka untuk mencegah jamur menyerang kembali, sebaiknya Anda lakukan beberapa hal berikut :

  • Karena sumbernya dari rembesan air, maka sebaiknya dinding Anda direnovasi. Anda bisa gunakan cat anti jamur dan pelapis anti bocor.
  • Untuk ruangan yang lembab, sebaiknya tambahkan alat yang mengurangi kelembaban udara yang banyak dijual di toko peralatan rumah sehingga mampu menekan kemungkinan timbulnya kembali jamur.
  • Pastikan peralatan yang berbasis kain di ruangan tidak terlalu basah karena akan menambah kelembaban ruangan. Termasuk karpet di ruangan, jaga agar tetap kering.
  • Cek talang rumah dan pastikan tidak bocor atau merembes.

Semoga jamur tidak datang kembali ke rumah Anda. Tapi bila ingin beli rumah baru, boleh kunjungi ReginaRealty.co.id – we do your homework, agen properti terbaik sejak 2003.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *