Masih Bingung Mau Beli Properti Sewaan? Baca Dulu Yang Ini!

“Kok returnnya cuma 8%? Mendingan saya beliin emas. Saya simpan, 5 tahun lagi saya jual. Pasti menguntungkan!”, demikian kata pak Doddy ketika kami tawarkan sebuah properti sewaan berupa apartemen.

Apa yang dipahami pak Doddy (bukan nama sebenarnya) adalah hal yang umum yang terjadi bagi calon pembeli properti sewaan.

Bisa juga dibandingkan dengan bisnis retail, misalnya berdagang dengan modal 100 juta. Keuntungan 5 juta per transaksi. Dalam kurun waktu 1 bulan bisa bertransaksi 4 kali. Sehingga diasumsikan bahwa modal 100 juta akan mendapat keuntungan sebesar 20 juta setiap bulan. Dalam 1 tahun bisa untung 240 juta.

Jadi beli proeprti sewaan tidak menarik dong?

Bukan begitu sebenarnya. Perbandingan yang dilakukan sebenarnya tidak “apple to apple”. Jadi perbandingan yang tidak seimbang. Apa saja?

Pertama, emas memang menguntungkan. Tetapi untuk mendapatkan keuntungan, kita harus menjualnya. Sedangkan properti sewaan, margin mungkin memang terlihat kecil. Tetapi kita tidak perlu menjualnya alias kita tidak perlu kehilangannya untuk mendapatkan hasil.

Kedua, selain income yang rutin dari sewa, sebenarnya pemilik properti bisa juga mendapatkan gain dari penjualan propertinya yang biasa disebut dengan capital gain. Sederhananya begiini, dulu beli apartemen 1 milyar. Disewakan per tahun 100 juta. Ini berarti mendapatkan yield sebesar 10% per tahun. Kemudian apartemen dijual dengan harga 1,25 milyar. Berarti pemilik properti mendapatkan keuntungan 25% dari penjualan. Kalau ditotal ada 35% tuh. Jadi beda banget dengan emas.

Ketiga, bila dibandingkan dengan bisnis perdagangan seperti contoh di atas. Hasilnya bisa jadi kalah banyak. Tetapi tingkat resiko dapat lebih terukur bukan. Kalaupun properti yang disewakan tidak laku-laku, setidaknya kita masih memiliki propertinya. Sedangkan bila berdagang, dagangannya tidak laku-laku, maka bukan untung yang didapatkan tapi malah buntung.

Jadi buat Anda yang ragu dengan untuk membeli properti sewaan, pertimbangkan lagi. Properti yang Anda akan beli, dapat menghasilkan income yang rutin dan tidak memiliki resiko yang tinggi.

Nah untuk membelinya, hubungi Regina Realty – We Do Your Homework. Visit ReginaRealty.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *