ANDA ADALAH APA YANG ANDA CITA-CITAKAN

Saat masih duduk di bangku SD, lupa tepatnya kelas berapa, rumah keluarga kami direnovasi.

Seingat saya, rumah yang sebelumnya satu lantai, ditambah menjadi dua lantai.

Saya yang ketika itu masih imut jadi punya kegiatan baru. Mulai dari sekadar memperhatikan para tukang beraksi, ngobrol bersama mereka, hingga ikut bantu melempar bata merah dari bawah ke atas. Literally.

Saya ingat, saking seringnya “ikut mroyek” ada salah satu di antara mereka sampai berucap, “mudah-mudahan nanti kalo besar jadi arsitek.” Kira-kira begitu.

Saya tidak terlalu paham waktu itu. Lalu lewat investigasi kecil saya peroleh gambaran. Arsitek itu adalah orang yang membuat rumah jadi indah.

Ah, kalau begitu saya mau jadi arsitek. Sebab saya suka jika sebuah rumah tampak indah atau dirancang sehingga jadi indah.

Waktu berjalan. Saya selalu ingat pernah bercita-cita jadi arsitek. Walaupun ingatan itu datang dan pergi.

Lalu, saya tuntas SMP, masuk pondok pesantren, lulus SMA dari kelas IPS. Nggak mungkin masuk arsitek. Pun sadar, nggak bakat gambar dan hitung-hitungan. Akhirnya bekerja di dunia bahasa.

Sampai kemudian berkeluarga, mencari tempat tinggal dan kembali konsep tentang rumah indah terngiang.

Sejumlah kawasan hunian saya datangi. Tapi sudah dengan misi yang berbeda. Ini bisnis yang baik. Saya ingin bisa melakukannya.

Lalu perjalanan mempertemukan dengan guru-guru dan orang-orang baik yang sudah lebih dulu sampai dan rela memberitahukan rutenya.

Hari ini saya masih bukan arsitek dan tetap tidak berbakat menjadi arsitek. Tapi saya tengah merintis bisnis sebagai seorang developer properti. Saya membangun “rumah-rumah indah” seperti bayangan masa kecil saya. Meski tidak menggambarnya sendiri.

Saya tidak menyangka. Bagaimana sebuah cita-cita. Bahkan yang mungkin tercipta tanpa benar dipahami sepenuhnya. Ternyata bisa mengatur skenario hidup kita begitu rupa.

HATI-HATI BERCITA-CITA. NANTI BISA TERWUJUD. SEBAB MUNGKIN CITA-CITA ADALAH DOA.

Penulis
Zidni Ilman
Presiden YukBisnisProperti Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *