Mulailah Segala Sesuatu Dengan Data (Sesudah Bismillah dan Berdoa)

Seringkali kita bingung saat akan memulai sebuah pekerjaan. Mulai dari mana yah? Mulai dengan apa? Apa hal paling pertama yang paling mendasar yang harus dilakukan sehingga rencana yang kita susun dan langkah yang kita eksekusi menjadi lebih jelas, efektif, dan terukur serta tentu saja pada akhirnya menjadi lebih baik?

Kalau Anda sering menanyakan pertanyaan demikian dan belum kunjung menemukan jawabannya walaupun sudah mencari hingga ke kolong meja, mungkin tips ini bisa dicoba : MULAILAH DENGAN DATA !

Grab the DATA first. Begitu kata anak jakselnya.

Bagaimana maksudnya? Oke langsung contoh kasus saja.

Anda ingin membuat sebuah business roadmap? Mulailah dari data. Berapa target Anda? Siapa target Anda? Lalu terjemahkan ke dalam rencana lebih rinci.

Masih kurang jelas? Mari kita lihat contoh lebih konkrit.

Katakan, Anda adalah seorang yang baru di dunia broker properti. Tetapi sangat bersemangat ingin mencapai target tertentu dan segera naik kuadran.

Hal pertama yang perlu Anda miliki tentu adalah LISTING. Dari mana mulai melisting? Pertama kali : Grab the DATA. Cari data dari mana saja. Berikutnya lakukan verifikasi awal. Lalu validasi dengan melakukan kunjungan fisik sekaligus mengajukan izin menjual.

Sesudah memperoleh listing, maka yang Anda lakukan adalah service listing alias SELLING.

Mulai dari mana lagi? Grab the DATA lagi dong.

Data PRODUK sudah ada. Berikutnya? Produk atau listing tadi mau dijual ke mana? Maka Anda perlu data PASAR atau target market kata anak Jaksel.

Buat profile atau mapping PASAR. Baru putuskan dengan cara dan program apa serta melalui media mana Anda akan menjangkau dan membangun relasi dengan mereka.

Kala Anda ingin menjadikan langkah-langkah tadi sebagai SOP? Pastikan tulis langkah paling pertama adalah Grab the DATA.

So, jangan bingung lagi, mulailah segala sesuatu dengan DATA. Sesudah Bismillah atau berdoa tentunya (takut ada yang protes)

Semangat pagi
Salam helping
Salam closing

Photo by Daria Nepriakhina on Unsplash .. Edited by YukBisnisProperti.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *